Sukses

Survei LSI: Ridwan Kamil Tertinggi Kalahkan Sandiaga dan AHY dalam Simulasi Nama Cawapres

Dari simulasi nama-nama calon wakil presiden yang dilakukan semi terbuka, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki elektabilitas paling tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Survei Indonesia (LSI) kembali merilis temuan terbarunya soal pemilihan calon wakil presiden 2024. Hasilnya, dari simulasi nama-nama calon wakil presiden yang dilakukan semiterbuka, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki elektabilitas paling tinggi.

"Ridwan Kamil dipilih sebanyak 19,5% respoden survei, kemudian Sandiaga Uno 14,4% dan ketiga adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 11,6%," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, saat pemaparan daring, Rabu (3/5/2023).

Pada urutan empat besar dan seterusnya, lanjut Djayadi, terdapat sosok Erick Thohir yang mendapat 10,5% suara responden, disusul oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yaitu 6,8%, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dengan 4,9% suara responden.

"Nama Menko Polhukam Mahfud Md ada setelah Gibran, dengan raihan 4,5% dan diikuti oleh Andika Perkasa dan Puan Maharani yang sama-sama mendapat 2,5% dari responden survei," jelas Djayadi.

Djayadi menambahkan, nama-nama lain yang beredar sebagai calon wakil presiden pada survei kali ini angkanya diketahui lebih rendah. Tercatat, nama Airlangga Hartarto ada di angka 1,6%, Muhaimin Iskandar 0,7%, dan Zulkifli Hasan 0,2%.

Sebagai informasi, metode yang digunakan dalam survei ini adalah multistage random sampling dengan total sampel yang ikut dalam survei sebanyak 1.220 orang. Sampel adalah mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Margin of error dari survei ini sebesar +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka dan quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara acak sebesar 20% dari total sampel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei LSI: Prabowo Teratas, Kalahkan Ganjar dan Anies Baswedan

Lembaga Survei Indonesia (LSI) kembali merilis temuan terbarunya soal pemilihan presiden 2024. Hasilnya, dari pertanyaan top of mind kepada 1.220 responden survei, nama Prabowo Subianto berada paling atas dari nama-nama lain, seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Pada survei yang dilakukan 12-17 April 2023, kami menemukan data, pilihan paling tinggi ada di Prabowo Subianto 18,3 persen, Ganjar Pranowo 16,2 persen, lalu Anies Baswedan 13,1 persen," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan saat pemaparan daringnya, Rabu (3/5/2023).

Djayadi menjelaskan, raihan dari persentase ketiganya hari ini terus dinamis bila berkaca pada hasil yang ada di dua bulan sebelumnya.

Diketahui, terjadi tren penguatan terhadap persentase yang diraih Prabowo, mulai dari 10,8 persen meningkat ke 14,8 persen dan pada survei LSI kali ini di angka 18,3 persen.

"Berbeda dengan Ganjar yang mengalami penurunan, sebelumnya ada di angka 17,6 persen, kemudian ke 12,4 persen, dan saat ini di angka 16,2 persen. Sedangkan Anies angkanya dari 9,4 persen pada dua bulan lalu menguat ke 11,7 persen, dan kali ini ada di angka 13,1 persen," urai Djayadi.

Meski Ganjar Pranowo mengalami tren penurunan, berdasarkan hasil survei kali ini Ganjar pada tingkat pertanyaan top of mind masih berada di urutan kedua.

Selain itu, hasil dari survei ini muncul sebelum Ganjar dideklarasikan oleh PDI Perjuangan sebagai bakal calon presiden.

"Jadi angka yang diperoleh hari ini masih dinamis (bisa terus bergerak)," kata Djayadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini