Sukses

Survei Populi Center: Prabowo Jadi Capres Tertinggi Disusul Anies, Jika Ganjar Diganti Puan

Survei Populi Center terbaru menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo tertinggi mengalahkan tokoh lain, seperti Prabowo, Anies, Ridwan Kamil, hingga Puan Maharani. Namun saat nama Ganjar tak diikutkan, elektabilitas Prabowo jadi yang teratas.

Liputan6.com, Jakarta - Populi Center merilis hasil survei terbarunya terkait dinamika politik dan elektabilitas calon presiden (Capres) jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hasilnya, dalam simulasi empat tokoh capres terdapat hasil berbeda untuk masing-masing sosok yang menempati urutan teratas.

"Pada simulasi empat tokoh pertama, Ganjar Pranowo mendapat suara tertinggi dengan total 32,2 persen, disusul oleh Prabowo Subianto 28,4 persen, kemudian Anies Baswedan 17,6 persen dan Ridwan Kamil 15,6 persen. Sementara itu, 9,4 persen responden mengaku belum bisa memutuskan pilihan dan 0,8 persen responden menolak untuk menjawab," ujar Peneliti dari Populo Center Nurul Fatin saat memaparkan hasil survei secara daring, Senin (13/2/2023).

Nurul melanjutkan, hasil berbeda diperoleh saat tim Populi Center tidak mengikutsertakan nama Ganjar pada simulasi empat tokoh kedua dan menggantikannya dengan nama Puan Maharani. Kali ini, Prabowo menjadi yang tertinggi dengan perolehan suara responden sebesar 30,8 persen disusul Ridwan Kamil 28,1 persen, barulah Anies Baswedan dengan 21,9 persen.

"Puan Maharani yang dimasukkan dengan menggantikan Ganjar Pranowo mendapat 5,1 persen suara responden. Jumlah responden yang belum memastikan menjadi bertambah jika dibanding simulasi pertama, yakni 12,7 persen termasuk yang menolak untuk menjawab menjadi 1,4 persen," urai Nurul.

Hasil senada juga terjadi saat Populi Center mencoba mensimulasi tiga nama tokoh saja. Kali ini, saat Ganjar kembali masuk dan disandingkan dengan Prabowo dan Anies, lagi-lagi Gubernur Jawa Tengah itu meraih suara responden tertinggi dengan total 36,3 persen ketimbang dua pesaingnya  yakni Prabowo 28,8 persen dan Anies 24,5 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Posisi Ganjar Diganti Puan, Prabowo Tetap Perkasa

Simulasi berikutnya, jika hanya tiga tokoh dan Ganjar didisposisikan dengan Puan untuk melawan Prabowo dan Anies, hasilnya Puan tetap yang paling buncit dengan 8,6 persen. Sementara Anies di posisi kedua dengan 31,8 persen dan Prabowo tetap perkasa dengan 41,8 persen.

Sebagai informasi, survei Populi Center kali ini dilakukan pada 25 Januari hingga 2 Februari 2023. Total sampel dihimpun adalah sebanyak 1.200 responden yang dipilih secara acak atau multistage random sampling.

Margin of error dari survei ini sebesar : + 2.83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini berskala nasional dengan responden berasal dari seluruh provinsi yang dibagi merata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.