Sukses

Unggul Hitung Cepat Pilkada 2020 Lampung Timur, Dawam-Azwar Minta Pendukung Tenang

Pasangan nomor 3 Dawam Rahardjo-Azwar Hadi untuk sementara unggul di Pilkada 2020 Lampung Timur, berdasarkan hasil hitung cepat.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan nomor 3 Dawam Rahardjo-Azwar Hadi untuk sementara unggul di Pilkada 2020 Lampung Timur, berdasarkan hasil hitung cepat.

Terkait hasil di Pilkada 2020 ini, Dawam meminta semua pendukungnya tetap tenang. Apalagi melakukan euphoria berlebihan di tengah pandemi Covid-19.

"Tetap tenang, rendah diri dan saya harap para pendukung tidak melakukan euphoria yang berlebihan," kata Dawam dalam keterangannya, Kamis (10/12/2020).

Menurut dia, semua ini harus disyukuri. Dan buah hasil dari masyarakat Lampung Timur dan kerja tim di Pilkada 2020. " Tanpa mereka, saya bukan apa-apa," kata Dawam.

Dia pun meminta,tim pemenangannya tetap mengawal hasil rekapitulasi resmi dari KPU. "Kita harapkan suara rakyat ini tidak bergeser satu suara pun, kita harus sama-sama menjaganya," jelas Dawam.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Hitung Cepat

Pasangan nomor 3 Dawam Rahardjo-Azwar Hadi untuk sementara unggul di Pilkada Lampung Timur 2020. Berdasarkan hasil quick count yang dirilis Rakata Institute, pasangan nomor urut 3 tersebut mendapat perolehan 40,36%.

Perolehan suara ini melampui pasangan nomor urut 2, Zaiful Bokhari-Sudibyo yang memperoleh 35,97% dan pasangan nomor urut 1 Yusran Amirullah-Benny Kisworo mendapat 20,67%.

"Berdasarkan data yang masuk 100% dari masing-masing kandidat diketahui jika pasangan nomor 3 unggul dari dua pasang calon yang lain," ujar Direktur Rakata Institute Yuli Harmoko, Rabu (9/12/2020).

Dia menjelaskan quick count yang dilakukan lembaganya mengambil sampel dari 88 TPS yang tersebar secara proporsional setiap kecamatan di Kabupaten Lampung Timur. Sampel dipilih menggunakan metode Stratified Random Sampling.

"Margin error dari hitung ini cepat kurang lebih 2,5% dengan tingkat kepercayaan 99%," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.