Sukses

Logistik Pilkada Bengkulu 2020 ke Enggano Didistribusikan Pakai Kapal Perang

Hal itu dilakukan untuk memastikan agar semua kebutuhan Pilkada seperti surat suara, kotak suara, dan logistik lainnya termasuk perlengkapan APD di pulau terluar tiba tepat waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu Darlinsyah mengatakan, logistik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu untuk Pilkada 2020 ke Pulau Enggano diangkut menggunakan kapal perang.

"Pendistribusian logistik Pilkada ke pulau terluar Indonesia termasuk Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu dikoordinir langsung oleh TNI Angkatan Laut," ujar Darlinsyah, dikutip dari Antara, Rabu (2/12/2020).

Dia memaparkan, hal tersebut dilakukan untuk memastikan agar semua kebutuhan Pilkada seperti surat suara, kotak suara, dan logistik lainnya termasuk perlengkapan alat pelindung diri (APD) di pulau terluar tiba tepat waktu. Sehingga, kata Darlinsyah, tidak akan menimbulkan persoalan pada hari pemilihan 9 Desember mendatang.

"Untuk surat suara di Pulau Enggano sudah dikoordinasikan dengan Pangkalan Angkatan Laut di Jakarta dan mereka akan membantu dalam pengiriman logistik itu menggunakan kapal perangnya," ucap dia.

Meski begitu, Darlinsyah mengaku belum mengetahui secara pasti kapan logistik Pilkada untuk Pulau Enggano itu akan diberangkatkan.

Tetapi, dia memastikan seluruh kebutuhan pelaksanaan pemilihan akan tiba satu hari sebelum hari pencoblosan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langsung Dikirim ke KPU Masing-Masing Daerah

Selain itu, menurut Darlinsyah, pengiriman logistik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu untuk 10 kabupaten dan kota di Bengkulu tidak lagi melalui KPU Provinsi Bengkulu, melainkan langsung dikirim ke KPU daerah masing-masing.

"Jadi misalnya ada surat suara yang rusak itu bisa langsung kita ganti, sehingga pada H-1 itu semuanya sudah siap dan terdistribusi," jelas Darlinsyah.

3 dari 3 halaman

Suntikan Dana Pilkada 2020 di Tengah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.