Sukses

Kapan Deklarasi Capres-Cawapres, Ini Respons Jokowi

Jokowi bersama Megawati dan Puan bersama-sama meninggalkan gedung konvensi Hotel Mercure.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran Pilpres 2019 pada 4-10 Agustus 2018. Namun sampai detik ini belum ada gelagat bakal calon presiden yang mendaftar, termasuk sang petahana Joko Widodo atau Jokowi.

Kubu pendukung Joko Widodo menyatakan, akan mendaftarkan diri menjelang penutupan di tiga hari terakhir. Jokowi pun ketika dicecar mengenai kapan deklarasi capres-cawapres, melemparkannya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Momen tersebut terjadi usai Jokowi memberikan pembekalan calon legislatif PDIP di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Minggu (5/8/2018). Jokowi pun memberikan pernyataan pers ditemani Megawati dan Ketua DPP PDIP sekaligus Menko PMK Puan Maharani.

Pertanyaan soal deklarasi muncul belakangan sesaat Jokowi akan meninggalkan awak media. Wajahnya terlihat akan mengucap sesuatu namun tertahan. Pada saat bersamaan, Megawati yang di sampingnya, menyentuh siku Jokowi mengisyaratkan untuk segera bergegas. Lantas, Jokowi menjawab singkat.

"Tunggu, nanti nanya," kata Jokowi sambil menunjuk sosok putri proklamator.

Setelah itu Jokowi bersama Megawati dan Puan bersama-sama meninggalkan gedung konvensi Hotel Mercure.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Jokowi satu mobil dengan Megawati.

"Jadi setelah acara ini, Ibu Megawati Soekarnoputri bersama dengan Bapak Presiden Jokowi, pergi berdua satu mobil dan tentu saja untuk mencari jawaban dari pertanyaan teman-teman tadi," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dideklarasikan di Jakarta dan Kota Lain

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partai koalisi pendukung Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2019 tidak mau terburu-buru mendeklarasikan pasangan capres dan cawapres. Deklarasi akan dilaksanakan jelang pendaftaran ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Deklarasi terhadap pasangan capres-cawapres mau tidak mau itu bertempat di Jakarta. Karena itu dalam rangka pendaftaran ke KPU. Kedua adalah deklarasi yang nanti juga melibatkan seluruh elemen masyarakat, juga dilaksanakan di beberapa provinsi," ujar Hasto di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Minggu (5/8/2018).

Dia menuturkan, telah menyiapkan pilihan waktu kapan akan deklarasi dan mendaftarkan Jokowi dan cawapresnya sebagai peserta Pilpres 2019. Adapun lokasi dan hari tepatnya, Hasto belum mau mengungkap.

"Rabu, Kamis, Jumat itu opsi-opsi ya menjelang batas akhir pendaftaran, tentu saja setelah segala sesuatunya dari aspek momentum dikalkulasi secara matang akan dilakukan pendaftran," kata dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.