Sukses

SBY Sebut Punya Kecocokan dan Chemistry dengan Zulkifli Hasan

SBY menganjurkan PKS lebih cocok diajak komunikasi dan berkoalisi bersama oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum bisa memastikan apakah partainya bakal berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) di Pilpres 2019. Namun, SBY mengaku bahwa komunikasi dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan dirasa ada kecocokan.

"Kalau dengan Pak Zul saya tidak tahu apakah Pak Zul nanti bersama-sama dengan Demokrat dalam satu koalisi atau berbeda, tapi rasanya chemistry kita cocok selama ini dan ditakdirkan bersama sama," ucap SBY saat jumpa pers di kediamannya Jalan Mega Kuningan VII, Jakarta Selatan, Rabu (25/7/2018) malam.

Dia melanjutkan, Demokrat juga membuka ruang bagi PKS untuk berkomunikasi. Hubungan SBY dan elite PKS terjalin baik. Namun, SBY menganjurkan PKS lebih cocok diajak komunikasi dan berkoalisi bersama oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Kalau dengan PKS sebetulnya yang lebih aktif harusnya Pak Prabowo, tetapi saya menghormati Beliau. Tetapi saya tetap membuka pintu dan ingin komunikasi dengan siapa pun. Hubungan saya dengan Pak Salim Assegaf baik dan Sohibul baik. Mudah-mudahan dalam waktu dekat terjalin kembali komunikasi yang baik pula," papar SBY.

Di lokasi yang sama, Zulkifli Hasan mengatakan semua dalam proses penjajakan koalisi. Ketua MPR ini berharap nantinya akan ada titik terang dari hasil pertemuannya dengan SBY.

"Ini proses. Dalam proses itu kan belum bisa hasil yang mutlak. Termasuk kemarin saya silaturahmi dengan berbagai kalangan. Oleh karena itu mudah-mudahan ini kan sudah sangat dekat, komunikasi intens sudah sangat bagus. Saya kira pada saatnya nanti akan dapat jawaban yang semakin jelas," tandas Zulhas.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.