Sukses

PKS: PAN Bebas Memilih, Kami Siap Lawan Jokowi di 2019

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan masih terus menjalin komunikasi politik dengan pimpinan parpol, termasuk parpol pendukung capres Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan, pihaknya menghormati apa pun keputusan PAN terkait dukungan Pilpres 2019. Meski dekat dengan PKS dan Gerindra, PAN memberi sinyal untuk mendukung Jokowi di 2019.

"PKS menghormati apa pun keputusan PAN. Karena tiap partai memang punya kemandirian. PKS siap bersama Gerindra untuk maju bersama karena sudah memenuhi minimal 20 persen kursi. Tentu PKS lebih bahagia jika PAN bersama kami," kata Mardani, Rabu (28/3/2018).

PKS juga tak ingin mengintervensi keinginan PAN. Namun, Mardani menegaskan, PKS dan Gerindra tetap konsisten memenangkan Pilpres 2019 dengan mengalahkan Jokowi.

"PAN punya kebebasan untuk menentukan. Kami tetap siap maju melawan Pak Jokowi," ujarnya.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan masih terus menjalin komunikasi politik dengan pimpinan parpol, termasuk parpol pendukung capres Jokowi. Tak menutup kemungkinan PAN juga akan merapat mendukung Jokowi. Alasannya, Jokowi punya peluang besar kembali memenangkan kontestasi politik 2019.

"Pak Jokowi kan incumbent peluangnya besar, menjadi pertimbangan," ujar Zulkifli di Gedung DPR RI, Selasa 27 Maret 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ngotot Cawapres

Jika nantinya merapat ke kubu Jokowi, PAN berjanji tak akan ngotot mensyaratkan kadernya dijadikan cawapres. Sebab, keputusan sosok cawapres harus kesepakatan bersama parpol pendukung.

"Ini kan masalah koalisi, kan berat syaratnya. Tentu enggak bisa maunya kita. Ini kan harus maunya bersama. Karena koalisinya enggak bisa sendiri atau satu-satu kan. Di sini tentu akan banyak, di sini tentu akan banyak. Oleh karena itu, tidak mudah menyatukan pendapat partai-partai," jelasnya

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini