Sukses

Gus Ipul Ingin Bangun Museum di Lokasi Wisata Religi

Hal ini dikatakan Gus Ipul pada kunjungannya ke makam Sunan Ampel di Surabaya, Selasa, 6 Maret 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap tempat wisata religi bisa dilengkapi dengan museum. Hal ini dikatakan Gus Ipul pada kunjungannya ke makam Sunan Ampel di Surabaya, Selasa, 6 Maret 2018.

"Kami ingin nanti ada peningkatan sarana dan prasarana. Misalnya, untuk kenyamanan para peziarah. Ke depan, harus mulai dipikirkan Museum Sunan Ampel. Jadi, ada wisata pendidikan," ujar Gus Ipuldi sela kunjungannya.

Dengan adanya museum, maka peziarah bisa juga belajar sejarah dan mengetahui profil utuh tentang makam serta budaya yang mereka kunjungi.

"Ke depan, setiap makam akan dibangunkan museum. Sehingga, ketika kita bercerita tentang pahlawan, ada makamnya. Juga ada bukti sejarahnya lewat museumnya. Sehingga, ke depan akan lebih mudah dalam belajar sejarah," kata dia.

Menurut Gus Ipul, peningkatan jumlah wisatawan juga berdampak ke aspek lain.

"Tempat wisata religi, selain memiliki sejarah, juga ikut berdampak positif ke beberapa aspek lainnya," ujarnya.

Di antaranya, aspek ekonomi melalui perdagangan produk UKM (usaha kecil menengah) masyarakat sekitar.

"Ini adalah contoh tempat wisata yang menumbuhkan ekonomi kreatif. Yang wafat, menghidupi yang hidup. Hal yang menjadi perenungan kita," kata mantan Ketua Umum GP Ansor dua periode ini.

Di kompleks Makam Sunan Ampel, Gus Ipul sempat salat Dhuhur kemudian berziarah. Dia juga sempat masuk ke sentra wisata religi dengan memborong beberapa produk UMKM di antaranya tasbih serta beberapa kilogram kurma.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puti Temui Ibu-Ibu di Mojokerto

Sementara itu, Wakil Gus Ipul di Pilkada Jatim Puti Guntur Soekarno bertemu ibu-ibu rumah tangga di Posyandu Delta, Desa Ngabar, Jetis, Kabupaten Mojokerto, Selasa 6 Maret 2018.

"Ibu-ibu dapat mendongeng pada putera-puteranya menjelang tidur. Tidak perlu yang sulit. Angkat cerita rakyat, seperti legenda daerah, atau sejarah dan perjuangan para pahlawan," kata Puti Guntur di hadapan ibu-ibu rumah tangga.

Upaya mencerdaskan anak-anak, kata dia, selain melalui pendidikan formal juga melalui berbagai edukasi di rumah tangga. "Salah satunya mendongeng," kata mantan anggota DPR RI tersebut.

Tradisi bertutur itu, kata Puti Guntur, merupakan wahana untuk mewariskan nilai-nilai luhur tentang keutamaan dan kebajikan pada anak-anak.

Pasangan Gus Ipul itu menyebut Mojokerto, sebagai "daerah tua" yang menyimpan banyak cerita rakyat. Karena Mojokerto di masa lalu menjadi pusat Kerajaan Majapahit.

"Supaya anak-anak kita tidak lupa sejarah," kata Puti.

Dalam pertemuan itu, ibu-ibu rumah tangga sempat mengajukan pertanyaan pada Puti Guntur.

"Bu Puti, apa rahasia awet muda?" tanya seorang ibu. Sontak pertanyaan ini mengundang tawa ibu-ibu lain yang hadir.

"Rahasianya, banyak tersenyum. Karena senyum akan membuat suasana menjadi cair," kata Puti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.