Sukses

Desa Cerdas Jadi Program Andalan Gus Ipul di Pilkada Jatim

Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mencanangkan progam Desa Cerdas di Jawa Timur.

Liputan6.com, Jember - Bakal Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mencanangkan progam Desa Cerdas di Jawa Timur.

"Kita harus melakukan ikhtiar-ikhtiar yang konkret, dalam rangka mengantisipasi perubahan-perubahan yang semakin kompleks seiring dengan kemajuan teknologi, tetapi berangkat dari capaian-capaian yang sudah ada," tutur Gus Ipul dalam acara pengukuhan Relawan Sedulur Jember, di tempat wisata Ambulu Jember, Jawa Timur, Kamis 25 Januari 2018.

Gus Ipul menyampaikan, di Jawa Timur ada beberapa prestasi, tapi ada yang perlu dipercepat, ada yang perlu diperbaiki dan perlu diubah.

"Karena itu Saya bersama mbak Puti dalam menyusun programnya, mengambil tema 'Perubahan yang Berkelanjutan'," kata dia.

Menurut Gus Ipul, dirinya mewakili bekelanjutan sebagai wakil gubernur mendampingi Soekarwo selama dua periode.

"Sedangkan mbak Puti mewakili Perubahan. Akan Bersama-sama melakukan perubahan untuk mempercepat kemakmuran Jawa Timur," kata Gus Ipul yang diikuti dengan tepuk tangan hadirin.

Gus Ipul mencontohkan salah satu kebijakan programnya adalah Desa Cerdas. Desa yang sudah bisa menggunakan teknologi sebagai bagian dari layanan publik. Gus Ipul menjelaskan, di Jawa Timur, ada nama Layanan Satu Pintu, yaitu layanan mengurus izin apapun, yang selama ini tersebar dibeberapa SKPD dan OKP dijadikan satu dalam Pelayanan Izin Terpadu.

"Ada sebanyak 288 izin yang tersebar dinas-dinas yang dijadikan satu oleh pak gubernur. Sehingga ngurus izin apa saja bisa dilakukan secara online," ucap Gus Ipul.

Gus Ipul kembali memberi contoh salah satunya adalah mengurus Surat Ijin Tanda Register (SITR) Perawat atau Bidan, itu biasanya harus mengurus atau datang ke kantor perijinan terpadu di Surabaya.

Sekarang, tidak harus datang ke kantor Dinas Terpadu di Surabaya. Saat ini bisa diurus dan ngambil di Jember, Malang, Kediri dan Madiun.

"Jadi sekarang ini kalau mengurusi STIR perawatan atau bidan misalnya, tidak perlu datang ke Surabaya, cukup persyaratannya dilengkapi dalam sistem online di Jember, ngambilnya juga cukup di Jember," ujar Gus Ipul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Terpilih

Jika terpilih menjadi kepala daerah Jawa Timur, Gus Ipul menginginkan pelayanan itu tidak hanya ditingkat kabupaten, tapi sudah bisa diurus ditingkat desa atau kecamatan.

"Kedepan saya ingin tidak hanya di kabupaten, pada saatnya nanti, meskipun wewenangnya provinsi, wewenangnya kabupaten, bisa diurus di desa masing-masing atau di kecamatan," kata Gus Ipul yang disambut riuh tepuk tangan pengunjung. Nantinya, lanjut Gus Ipul, cukup mengurus secara online, di ACC secara online dan di print atau dicetak di desa masing-masing, asalkan teknologinya memadai.

"Itu cita-cita saya, masyarakat tidak perlu lagi mengurus izin jauh-jauh, meskipun wewenangnya provinsi atau kabupaten, karena itu Desa Cerdas yang saya cita-citakan. Dengan begitu desa-desa akan mengejar ketertinggalan dibidang teknologi, untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Itulah percepatan pembangunan yang saya inginkan, untuk Jawa Timur," ucap Gus Ipul.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.