Sukses

Begini Skema Program Rumah Tanpa DP Anies - Sandiaga

Warga DKI yang bisa mendapatkan fasilitas rumah DP nol rupiah Anies - Sandi ini sudah memiliki tabungan sebesar Rp 13,8 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang bertanya-tanya mengenai kemungkinan terwujudnya program rumah dengan uang muka atau DP nol rupiah milik Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno atau pasangan calon Anies-Sandiaga.

Dalam situs resmi Anies-Sandi, jakartamajubersama.com dijelaskan, Program DP Nol Rupiah adalah Kredit Murah Berbasis Tabungan Bagi Masyarakat Berpenghasilan Menengah Ke Bawah. Program yang dikhususkan untuk warga DKI menengah ke bawah dengan menyasar hunian seharga Rp 350 juta di Jakarta.

Lalu bagaimana skemanya agar sesuai dengan aturan Bank Indonesia yang mensyaratkan adanya uang muka sebesar 15% dari harga rumah?

Dalam situs tersebut disampaikan, dengan harga rumah senilai Rp 350 juta, maka uang muka yang harus dipenuhi warga DKI sebesar Rp 53 juta. Nah, dari mana uang muka ini?

Menurut program Anies-Sandiaga ini, uang muka akan ditalangi pemerintah provinsi. Konsumen tetap harus mencicil uang muka tersebut. Namun, sebelum diberikan talangan uang muka ini, konsumen sudah memiliki tabungan sebesar Rp 13,8 juta atau Rp 2,3 juta selama 6 bulan.

Syarat ini untuk menunjukkan bahwa penerima manfaat rumah DP nol rupiah tersebut memiliki kemampuan untuk melunasi harga rumah sepenuhnya.

Bila konsumen sudah memenuhi syarat tersebut dan lolos penilaian, maka konsumen bisa mencicil rumah sebesar Rp 2,3 juta selama 20 tahun atau 240 bulan dengan asumsi bunga bank untuk Program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Lalu, di mana bisa memperoleh rumah senilai Rp 350 juta di Jakarta? Dalam situs Anies-Sandiaga ini belum menyebutkan lokasinya. Hanya saja diharapkan dengan adanya program ini maka menarik pengembang untuk membangun rumah bagi masyarakat menengah ke bawah.

"Memang saat ini pasar perumahan di Jakarta tidak berpihak pada konsumen masyarakat menengah ke bawah, sehingga adanya program ini memberikan insentif pada pengembang properti untuk melirik pasar menengah ke bawah," tulis situs itu.

"Dengan adanya program ini pasokan properti seharga Rp 350 juta atau yang terjangkau bagi menengah ke bawah, akan tercipta," tutup timses Anies-Sandiaga dalam situs tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1
    Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1

    Anies Sandiaga

  • Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Sandiaga Uno

Video Terkini