Sukses

Puluhan Ribu Personel Gabungan Siap Amankan Pilgub Banten

Personel Polres Kota Serang mulai menyebar ke seluruh titik TPS sejak Senin tengah malam ini dan akan berjaga selama tiga hari ke depan.

Liputan6.com, Serang - Polda Banten menerjunkan 3.624 personelnya yang dibantu 300 personel TNI dan 20.448 personel Linmas untuk mengamankan perhelatan Pilgub Banten yang akan berlangsung pada 15 Februari 2017. Mereka disebar di 10.244 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Selain itu, dalam mengamankan situasi kontijensi, Polda Banten menyiagakan 350 personel Satbrimob, 90 personel Ditsabhara Polda Banten yang diperkuat dengan 1 SSK Satbrimob Polda Lampung," kata Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Senin (13/02/2017).

Sementara itu, personel Polres Kota Serang akan mulai menyebar ke seluruh titik TPS sejak pukul 00.00 WIB pada Senin malam ini dan akan berjaga selama tiga hari ke depan.

"Konsentrasi pengamanan kita mengamati potensi kerawanan yang timbul, terutama pergerakan kotak suara. Kita pastikan kotak suara yang sudah tersegel hanya bisa dibuka di TPS. Kita juga amankan saat penghitungan suara di tingkat provinsi nanti," kata Kapolres Serang AKBP Romdhoni.

Sedangkan Polres Lebak memilih melakukan patroli dengan bersepeda jelang gelaran Pilgub Banten. Selain untuk menyerap informasi dari masyarakat, patroli ini pun diharapkan mampu mencegah terjadinya tindak kejahatan dan gangguan keamanan di tengah masyarakat.

"Patroli dialogis dengan bersepeda lebih kepada pencegahan terjadinya gangguan kamtibmas, seperti balap liar, narkoba, miras, pencurian kendaraan dan lain-lain. Agar masyarakat dapat memberikan informasi gangguan kamtibmas di lingkunganya," kata Kapolres Lebak AKBP Mohammad Tora.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini