Sukses

Anies Janjikan Percepatan Pipanisasi Air Bersih Jika Terpilih

Anies menargetkan peningkatan jumlah pelanggan sebesar 200 persen dari jumlah pelanggan tahun 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pentingnya ketersediaan air bersih di Ibu Kota untuk menjadikan masyarakat hidup yang sehat.

Untuk itu, dia mengaku memiliki program percepatan pipanisasi air bersih warga, untuk memprioritaskan perluasan cakupan dan ketersediaan air bersih untuk seluruh warga Jakarta melalui akses air bersih terpipa.

"Percepatan pipanisasi air bersih menjadi solusi paling memungkinkan saat ini," kata Anies di sela-sela blusukannya di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (13/11/2016).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menargetkan peningkatan jumlah pelanggan sebesar 200 persen dari jumlah pelanggan tahun 2015, dengan implementasi bertahap yang dimulai dari daerah dengan akses dan kualitas air terburuk.

Dijelaskan Anies, program tersebut dapat dicapai dengan menerapkan beberapa langkah. Mulai dari percepatan sambungan air bersih yang bertujuan mengurangi permintaan pengeboran air tanah.

"Selain kualitas air tanah yang kadang kurang baik, penyedotan air tanah akan menurunkan muka tanah (ambles) sehingga dapat memperparah banjir suatu saat nanti," papar Anies.

Calon gubernur nomor urut 3 ini menambahkan, dirinya memberikan perhatian lebih kepada kalangan menengah ke bawah, dengan memperluas kriteria penerima pemasangan pipa PAM gratis untuk warga yang memiliki luas rumah 150 meter persegi ke bawah.

Selain itu, subsidi sebesar 80 persen pembayaran langganan air pada warga yang luas rumah di bawah 70 meter persegi yang tinggal di rusun milik pemerintah bukan apartemen mewah.

"Dengan air bersih yang berlimpah maka masyarakat akan lebih mudah memperoleh akses untuk mengaplikasikan di rumah-rumah mereka," Anies memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini