Sukses

Relawan Anies-Sandi: Demo 4 November Berlebihan

Apa yang menyebabkan relawan Anies-Sandi menilai demo 4 November berlebihan?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar unjuk rasa secara masif oleh sejumlah organisasi massa pada 4 November 2016 membuat resah. Rakyat sipil hingga presiden pun angkat bicara guna mendinginkan suasana jelang demonstrasi itu.

Begitupun ABDI Rakyat, poros relawan pasangan cagub dan cawagub Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Mereka menghormati sikap para demonstran yang ingin menyuarakan aspirasinya.

"Bagi kami yang merupakan kelompok relawan pendukung Anies Baswedan nonparpol, unjuk rasa adalah salah satu bentuk menyampaikan aspirasi," kata Koordinator Relawan ABDI Rakyat Mohammad Huda, di Bakoel Koffee, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2016).

Kendati unjuk rasa diperbolehkan oleh perundangan, dia menilai aksi 4 November ini berlebihan. Sebab, massa menghubung-hubungkan dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok itu dengan Jokowi.

"Menghubung-hubungkan Presiden Jokowi dalam Kasus dugaan penistaan agama dan menjadi sasaran aksi 4 November (Istana Negara) sangat tidak berdasar dan berlebihan," tegas Huda.

Menurut dia, pernyataan tim relawan ABDI Rakyat ini merupakan inisiatif sendiri tanpa arahan khusus paslon jagoannya, Anies-Sandi. "Ini murni gerakan inisiatif kami sendiri, guna mendukung pilkada damai."

Terakhir, kelompok relawan yang diklaim sudah berjumlah 36 ribu anggota ini berpesan agar Jokowi bersikap netral dalam Pilkada 2017, khususnya di DKI Jakarta.

"Kami berharap Presiden Jokowi bersikap netral pada Pilkada DKI Jakarta 2017,  dan tetap fokus dalam menjalankan program Nawacita dan Trisakti untuk kesejahteraan rakyat sesuai janji kampanyenya," Huda menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 4 November

  • Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1
    Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1

    Anies Sandiaga

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017