Sukses

Maaruf Amin: Warga NU Akan Pilih Cagub DKI yang Banyak Samanya

Walau NU tidak bisa menentukan sikap untuk berpihak kepada calon tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon pimpinan DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni menyambangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Keduanya berniat meminta doa restu dari para pimpinan ulama dan pimpinan NU.

Rias Am NU, Maaruf Amin mengatakan, secara kelembagaan, NU memang tidak bisa menentukan sikap untuk berpihak kepada calon tertentu pada Pilkada DKI 2017. Tapi, NU punya budaya dan kebiasaan dalam menentukan pilihan.

"Saya yakin warga NU akan mendukung calon yang paling banyak samanya," kata Maaruf Amin di Kantor PBNU, Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Banyaknya persamaan yang dimaksud adalah agamanya sama, warna atau mashab agamanya sama, programnya, penampilannya santun, serta tidak keras dan galak.

"Pastilah saya yakin NU akan milih paling banyak samanya, yang paling banyak samanya itu Agus-Sylvi. Karena itu saya doakan," ujar Maaruf.

Kesamaan ini dilengkapi dengan adanya calon wanita dari jajaran pasangan calon yang ada. Hal ini menambah keyakinan Maaruf bahwa Agus-Sylvi akan dipilih warga NU.

"Mudah-mudahan dukungan NU, secara kelembagaan tidak, tapi secara keumatan. Yang paling lengkap samanya, ada perempuannya, secara kultural Nahdiyin Agus-Sylvi," Maaruf memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini