Sukses

Ditawari Jalur Partai, Bakal Calon Ini Tetap Pilih Independen

Dia menilai jika melalui partai ada kecenderungan koalisi dagang sapi atau bagi-bagi kekuasaan.

Liputan6.com, Jakarta - Meski ada upaya dari beberapa partai yang meminangnya untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bekasi 2017, Obon Tabroni memastikan dirinya tetap konsisten di jalur independen.

Hal itu disampaikan Bakal Calon (Balon) bupati Bekasi dari jalur independen tersebut setelah melakukan pertemuan dengan relawan Sobat Obon.

"Ini merupakan kesepakatan yang kami hasilkan pada pertemuan dengan relawan," ujar Obon melalui pesan tertulisnya, Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Adanya pinangan dari sejumlah partai, lanjut Obon, secara terbuka telah didiskusikan dengan tim dan relawan. "Semua kita komunikasikan dengan relawan. Terutama untuk keputusan-keputusan politik besar seperti ini. Dan hasilnya, kita sepakat untuk tetap di jalur independen," imbuh dia. 

Alasan tetap di jalur independen karena langkahnya untuk maju di Pilkada Bekasi ini didasarkan pada niat membangun kesadaran politik masyarakat Bekasi

"Semangat awal kita masuk politik ini kan untuk mendorong pembelajaran dan kesadaran masyarakat tentang politik yang baik. Bahwa politik tidak melulu soal kemenangan. Tapi tentang bagaimana meraih kemenangan itu dengan cara-cara yang baik. Jadi orientasinya bukan sekedar pada kemenangan, tapi pada cara meraihnya," jelas Obon.

Obon menambahkan, jika ia melalui jalur partai mungkin saja kemenangan lebih mudah didapatkan. Tapi, ia dan relawannya percaya bahwa ada nilai yang lebih pantas diperjuangkan melalui independen, yaitu membangun kesadaran warga.

Dia menilai jika melalui partai politik ada kecenderungan koalisi dagang sapi atau bagi-bagi kekuasaan. Hal itu yang tidak diinginkan oleh pihaknya.

"Kita enggak mau itu. Kita ingin basis program ke depan didasarkan pada realitas yang dihadapi masyarakat dan kompetensi. Ini yang ingin kami perjuangkan," kata Obon.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, Obon memastikan dirinya akan tetap maju melalui jalur independen. "Kita akan konsisten di jalur independen," tegas Obon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini