Sukses

Surabaya Ikrarkan Kesepakatan Pilkada Damai

Penyelenggara, peserta, dan pihak terkait membubuhkan tanda tangan sepakat menjaga pemilihan walikota yang damai.

Liputan6.com, Surabaya - KPU Kota Surabaya menggelar Deklarasi Pilwali Damai dan Berintegritas dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan Pilwali Surabaya 2015 yang jujur, adil, demokratis, serta berintegritas, Selasa. Dengan demikian kondisi kota diharapkan tetap aman, tertib, dan kondusif.

Selain 2 Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya tahun 2015, hadir di acara ini penyelenggara pemilihan, aparat pemerintah DPRD Kota Surabaya, aparat penegak hukum, akademisi, pemimpin Perguruan Tinggi di lingkungan Kota Surabaya, serta sejumlah organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan. Mereka membubuhkan tanda tangan sebagai ikrar kesepakatan.

Ketua KPU Kota Surabaya, Robiyan Arifin mengatakan bahwa penyelenggaraan Deklarasi Pilwali Damai dan Berintegritas ini akan dijadikan sebagai momentum untuk memastikan proses pelaksanaan tahapan Pilwali Kota Surabaya, khususnya tahapan kampanye agar bisa berjalan aman, tertib dan kondusif.

"Melalui momen Deklarasi Pilwali Damai dan Berintegritas ini diharapkan agar semua pihak dapat bersama-sama berkomitmen untuk berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Robiyan di Surabaya, Selasa (27/10/2015).

Robiyan menjamin pihaknya bakal terbuka atas informasi tahapan penyelenggaraan. Keterbukaan ini merupakan prinsip utama  untuk mendukung agar penyelenggaraan Pilwali berintegritas.

Calon Walikota Surabaya Nomor urut 1, Rasiyo menyatakan bahwa sosialisasi terhadap penyelenggaraan Pilwali bukan hanya tanggung jawab KPU Kota Surabaya semata. Agenda itu disebut sebagai tanggung jawab bersama agar angka partisipasi pemilih pada Pilwali 9 Desember mendatang meningkat.

Sementara Calon Wakil Walikota Surabaya nomor urut 2, Whisnu Sakti Buana dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga agar seluruh proses tahapan berjalan damai dan berintegritas. "Ini juga menjadi tanggung jawab bersama agar Pilwali berjalan damai," ujar Whisnu. (Hmb/Ron)   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini