Sukses

Mantapkan Pengawasan, Polisi-Penyelenggara Pemilu Samakan Visi

Polisi juga meminta seluruh pasangan calon serta pendukungnya mengedepankan politik yang santun pada pilkada 9 Desember 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pelaksanaan pilkada serentak, Polda Jambi menyamakan visi bersama penyelenggaran pemilu dan seluruh pasangan calon kepala daerah. Ini untuk memantapkan fokus pengawasan dan pengamanan pilkada serentak.

"Kegiatan ini untuk menyamakan visi akan tujuan pemilu yang jurdil. Masyarakat harus dijaga hak-haknya. Untuk itu, penyelenggara, petugas keamanan dan peserta Pilkada harus menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif," ujar Kapolda Jambi, Brigjen Pol Lutfi Lubihanto usai acara joint analisis di salah satu hotel di Kota Jambi, Rabu 21 Oktober 2015.

Selain itu, untuk menjamin pemilu yang Jurdil, polisi meminta seluruh pasangan calon serta pendukungnya mengedepankan politik yang santun pada pilkada 9 Desember 2015.

"Perbedaan itu biasa, namun harus tetap dalam koridor," tambah Kapolda.

Pada Pilkada 2015, Jambi akan menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubenur. Sejumlah kabupaten/kota di provinsi itu juga akan menggelar pemilihan bupati dan wakil bupati. Antara lain, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Bungo dan Kota Sungaipenuh.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, diikuti oleh 2 pasang calon, yakni Hasan Basri Agus (petahana) berpasangan dengan Edi Purwanto dengan nomor urut 1. Lalu, pasangan dengan nomor urut 2 yakni pasangan Zumi Zola dan Fachrori Umar yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur Jambi.

Zumi Zola adalah mantan artis dan pesinetron yang merupakan anak dari mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin. Zumi Zola sebelumnya menjabat sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur yang merupakan daerah kampung halaman keluarga besar Zulkifli Nurdin. (Bob/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.