Sukses

Upaya Gaikindo Genjot Pertumbuhan Industri Otomotif Nasional Lewat Pameran

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan kuartal I 2024 mengalami penurunan penjualan. Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyebut, ada banyak faktor yang memengaruhi kondisi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan kuartal I 2024 mengalami penurunan penjualan. Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyebut, ada banyak faktor yang memengaruhi kondisi ini.

"Kuartal pertama kurang begitu baik, turun 22 persen (dibanding periode yang sama tahun lalu). Ada beberapa poin yang mengakibatkan industri agak sedikit tersendat, salah satunya harga bahan baku yang naik cukup banyak, lalu karena ada agenda politik yang cukup besar, yaitu Pemilu," terangnya di Lavva, Jakarta, Senin (6/5/2024).

"Dan saya juga melihat ada beberapa peraturan-peraturan baru yang cukup ketat sehingga mengakibatkan penjualan agak sedikit terganggu. Exchange rates juga naik luar biasa, saat ini USD sudah di angka Rp 16 ribu lebih sehingga memengaruhi semuanya. Oleh sebab itu kami perlu melakukan terobosan-terobosan baru," tambahnya.

Menurut dia, pemeran merupakan salah satu penunjang utama yang membuat industri otomotif tetap bergairah. Dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 siap digelar pada 18-28 Juli mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten.

"Yang sangat membanggakan pada GIIAS 2024, kami akan menambah luasan pameran," kata Nangoi.

"Penambahan luasan tersebut akan sangat tidak terasa oleh para pengunjung ataupun peserta karena semuanya akan dibuat sedemikian rupa sehingga tidak ada perbedaan antara satu hall dengan hall yang lainnya sehingga dia merasa masih dalam satu kesatuan," sambungnya.

Ia menyampaikan, pameran otomotif GIIAS 2024 akan diikuti oleh 50 merek. "Ada kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan sepeda motor juga," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta Baru

Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo mengungkapkan akan ada beberapa merek baru yang akan meramaikan pameran tahun ini.

"Kami menerima delapan (8) merek mobil baru yang akan ikut GIIAS 2024," ujarnya di tempat yang sama.

Dirinya juga menyampaikan, adanya hall 11 sebagai lahan baru akan memastikan kenyamanan berpameran para peserta dan juga para pengunjung.

"Penambahan hall baru merupakan sebuah langkah yang strategis untuk memastikan para peserta mendapatkan area yang cukup untuk menampilkan seluruh inovasi mereka, serta untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan pengunjung," ujarnya.

"Kami ingin memastikan dengan semakin meluasnya area pamer, tidak mengurangi experience para pengunjung pada saat mengunjungi seluruh area GIIAS 2024," tutup Rizwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini