Sukses

Punya Teknologi Canggih, Hyundai Ioniq 5 Robotaxi Lulus Uji Berkendara di Las Vegas

Mobil otonom atau tanpa pengemudi pertama Hyundai, Ioniq 5 Robotaxi telah lulus uji berkendara di Las Vegas, Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta - Mobil otonom atau tanpa pengemudi pertama Hyundai, Ioniq 5 Robotaxi telah lulus uji berkendara di Las Vegas, Amerika Serikat. Model canggih dari pabrikan asal Korea Selatan ini, rencananya akan digunakan oleh Motional, untuk bisa dioperasikan sebagai taksi tanpa pengemudi.

Disitat dari Motor1, Hyundai Ioniq 5 Robotaxi ini, berhasil mengikuti simulasi ujian lisensi kelas C di Las Vegas, yang berhasil melalui berbagai rintangan tanpa membuat satu kesalahan.

Pabrikan menyebut, tes mengemudi sebagai simulasi ini berlangsung di jalur tertutup, tetapi masih ada lalu lintas di rute tersebut dan potensi bahaya yang dapat menyebabkan kendaraan melakukan kesalahan.

Ioniq 5 Robotaxi dari Hyundai ini, bukanlah satu-satunya kendaraan swakemudi yang digunakan untuk layanan taksi. Sebut saja Cruise milik GM atau Waymo milik Google, sebagai beberapa proyek mobil tanpa pengemudi yang paling maju.

Sebagai informasi, Robotaxi Ioniq 5 adalah salah satu kendaraan otonom Society of Automotive Engineers Level 4 pertama yang disertifikasi berdasarkan Standar Keamanan Kendaraan Bermotor Federal AS.

Sementara itu, produksi taksi otonom Hyundai Ioniq 5 ini akan dilakukan di fasilitas yang terletak di Distrik Inovasi Jurong, HMGICS, di Singapura. Pembangunan pabrik tersebut, dibangun dengan biaya SGD$ 400 juta dan mulai beroperasi pada awal 2023.

Fasilitas perakitan tersebut, akan memproduksi 150 unit pada 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hyundai Ioniq 5 N Sabet Gelar World Performance Car 2024

Hyundai Ioniq 5 N sabet gelar World Performance Car 2024. Hasil ini merupakan kemenangan besar keempat bagi lini Hyundai Ioniq 5 di World Car Awards dalam tiga tahun terakhir.

Kemenangan ini memperkuat posisi Hyundai Ioniq 5 N sebagai pemimpin market dengan terus mengungguli para pesaing EV dengan teknologi high performance yang luar biasa.

"Kami sangat senang dan bangga menerima penghargaan World Performance Car yang prestisius untuk Ioniq 5 N," kata Jaehoon Chang, Presiden dan CEO Hyundai Motor Company, dalam keterangan resmi, Selasa (2/4/2024).

Diperkenalkan pada bulan Juli 2023 sebagai EV pertama Hyundai N, Ioniq 5 N mewakili segmen baru di mobil listrik berperforma tinggi yang berorientasi pada pengemudi melalui teknologi terbaru dan kemampuan lintasan balap yang ditingkatkan, menandakan langkah pertama dalam strategi elektrifikasi N.

Mobil ini menggabungkan Electric Global Modular Platform (E-GMP) standar IONIQ 5 dengan teknologi motorsport dari N, serta memanfaatkan keunggulan N dari 'Rolling Labs' yang telah dielektrifikasi untuk memaksimalkan kapabilitas mobil listrik berperforma tinggi.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini