Sukses

Sering Disepelekan, Ini Fungsi dan Kegunaan Tutup Pentil

Di sepeda motor, ada komponen kecil yang kadang terlupakan dan dianggap sepele keberadaannya, yaitu tutup pentil. Padahal komponen ini memiliki sejumlah kegunaan.

Liputan6.com, Jakarta - Di sepeda motor, ada komponen kecil yang kadang terlupakan dan dianggap sepele keberadaannya, yaitu tutup pentil. Padahal komponen ini memiliki sejumlah kegunaan.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, fungsi utama dari tutup pentil adalah melindungi pentil dari kotoran, air, dan benda asing lainnya, seperti debu, pasir, benda keras, atau kotoran lain yang dapat ditemui sepanjang perjalanan. Tutup pentil juga membantu mencegah kebocoran udara dari dalam ban.

“Sangat penting untuk menutupi lubang pentil dengan penutup pentil, khususnya di musim hujan karena lubang pentil dan bagian dalam ban mengandung bahan logam yang dapat berkarat atau mengalami korosi jika terpapar langsung oleh air,” ujar Ade Rohman.

Tutup pentil juga dapat memiliki fungsi estetika atau sebagai pengidentifikasi angin ban atau tekanan udara yang tepat dalam ban.

Tutup pentil standar terbuat dari plastik atau logam ringan, dan tersedia dalam berbagai warna. Ada identifikasi khusus untuk pengguna nitrogen, yaitu tutup plastik warna hijau.

Ada juga tutup pentil angin (dust cap). Tutup pentil ini memiliki mekanisme pelindung yang lebih baik terhadap debu dan kotoran, sehingga membantu menjaga tekanan udara yang stabil di dalam ban.

Sedangkan tutup pentil Kunci (valve cap): Jenis ini memiliki desain khusus yang memungkinkan pengguna untuk melepas dan memasangnya dengan kunci khusus. Hal ini memberikan perlindungan ekstra dan mencegah pencurian tutup pentil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis Tutup Pentil Lainnya

Sementara tutup pentil LED dengan lampu LED terpasang di dalamnya, memberikan efek cahaya yang keren ketika roda berputar. Ini juga dapat meningkatkan keamanan di malam hari dengan membuat kendaraan lebih terlihat.

Selanjutnya ada tutup pentil sensor tekanan (TPMS). Tutup pentil ini dilengkapi dengan sensor tekanan ban yang memonitor tekanan udara ban secara real-time dan memberikan peringatan jika tekanan turun di bawah ambang batas yang aman.

Terakhir, tutup pentil berbentuk karakter/kreatif. Ada juga tutup pentil yang dirancang dalam bentuk karakter atau objek kreatif lainnya, seperti bola sepak, bunga, atau karakter kartun. Ini memberikan sentuhan personalisasi pada kendaraan.

Pilihan tutup pentil bisa sangat bervariasi tergantung pada preferensi estetika, kebutuhan fungsional, dan anggaran. Jangan lupa lakukan pemeriksaan secara berkala secara fisik, yaitu cek kelonggaran dratnya dan keretakan bidang sentuhnya.

Periksa juga warna dan bentuknya agar selalu terlihat bagus dan berfungsi dengan baik.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini