Sukses

Mazda Kembali Pamerkan Mobil Konsep Iconic SP

Mengawali debutnya di Japan Mobility Show tahun lalu, Mazda pamerkan konsep mobil sport terbarunya, Iconic SP, di kantor pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Mazda Iconic SP adalah konsep mobil sport listrik Mazda yang berhasil meraih banyak penggemar dari penampilan pertamanya di Japan Mobility Show 2023.

Menjadi salah satu bintang utama, kini setelah 5 bulan sejak acara tersebut digelar, Mazda mengumumkan unit Iconic SP akan dipamerkan di kantor pusat Hiroshima dan mengundang pengunjung untuk datang melihatnya lewat unggahan media sosial X.

Walau begitu, pihaknya belum menentukan sampai kapan konsep mobil sport ini akan mejeng di showroom pusat mereka di Hiroshima.

Sekejap unggahan foto-foto konsep Iconic SP meramaikan jagat internet Jepang dan menjadi perbincangan hangat.

Jika dilihat sekilas, konsep Iconic SP terlihat mengacu pada Mazda MX-5 alias Miata. Ditambah pop up headlight ikonik dari Miata tahun 89-97 yang disematkan kembali ke mobil sport ini dengan desain lebih modern dan 'sipit'.

Dengan mengusung lapisan warna Viola Red pada eksteriornya, konsep yang membawa Miata klasik ke masa depan ini menonjolkan lekuk bodi montok miliknya.

Tampilan bodi mobil konsep ini cenderung cantik ketimbang gahar, dengan gril ramping tiga dimensi, pintu butterfly, dan buritan yang berotot.

Seperti mobil sport spesialis kecepatan pada umumnya, Iconic SP juga punya ground clearance minim untuk menjaga pusat gravitasi tetap rendah.

Iconic SP disebut-sebut sebagai mobil sport kompak tipe baru yang menggabungkan aspek ramah lingkungan dengan gaya minimalis yang juga berusaha menjawab sisi emosional konsumen yang menginginkan kesenangan berkendara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konfigurasi Mesin Iconic SP

Walau diperkirakan ukurannya akan mirip dengan generasi baru MX-5, namun dimensi konsep Iconic SP lebih panjang 267 mm dan memiliki jarak tambahan antar roda 279 mm dibanding MX-5.

Namun, kepala desain Mazda mengatakan bahwa mobil konsep untuk tujuan pameran tersebut lebih besar dari yang seharusnya.

Disitat dari Carscoops, Mazda sebelumnya mengatakan mobil tersebut memiliki Rotary EV System dua rotor dengan paket baterai dan mesin putar yang dapat membakar berbagai bahan bakar karbon netral seperti hidrogen.

Bantuan sistem mesin putar yang berperan sebagai pengalir listrik ke baterai ini membuat jangkauan jarak mobil listrik akan lebih jauh.

Konfigurasi ini juga memberikan konsep tersebut output sebesar 365 tenaga kuda, sebuah lompatan besar bagi mobil sport Iconic SP dibanding model MX-5 milik Mazda.

Pabrikan juga berencana untuk menempatkan mesin di tengah mobil sehingga memiliki distribusi bobot 50:50 dari total bobot yang cukup berat, seberat 1,45 ton.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini