Sukses

Jadi Komponen Penting, Begini Cara Merawat Rem Cakram Sepeda Motor

Liputan6.com, Jakarta - Rem di kendaraan bermotor menjadi komponen yang sangat penting. Berguna untuk memperlambat laju sepeda motor atau mobil, hingga berhenti sehingga mencegah kecelakaan terjadi.

Dengan fungsi yang sangat penting tersebut, dibutuhkan perawatan berkala untuk sistem pengereman. Jika kinerja rem terganggu, maka tentu saja dapat membahayakan keselamatan berkendara dari pengguna motor.

Rem sendiri memiliki dua 2 tipe, sesuai konstruksi dan kegunaan, yaitu tipe rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol).

Tentu saja, sistem rem hidrolik (rem cakram) di sepeda motor lebih baik. Namun, untuk pengoperasian dan perawatannya perlu diketahui. Misalnya bagaimana rem cakram butuh minyak rem agar bisa bekerja dengan baik.

Disitat dari laman resmi Wahana Honda, ada beberapa cara merawat rem cakram agar mendukung kelancaran aktivitas menggunakan motor. Berikut tips melakukan perawatan rem hidrolik ( rem cakram ) :

1.Rutin Periksa dan Gantian Minyak Rem

Memeriksa kanvas rem atau mengganti minyak rem bermanfaat untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal. Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km.

Bisa juga ketika warna minyak rem sudah mengalami perubahan. Misalnya menjadi semakin gelap. Sehingga membuat kualitas minyak rem sudah jelek dan harus diganti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bersihkan Kaliper

Pengguna sepeda motor juga harus rutin membersihkan kaliper. Rem cakram bersifat terbuka, sehingga saat berkendara di jalanan, debu dan kotoran ikut menempel pada kanvas atau piston.

Kondisi ini mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal, karenanya lakukan pembersihan pada bagian tersebut. Atau, jika handle rem terasa berat saat ditekan, bisa diperiksa atau ganti seal master rem bagian atas. Bisa juga bengkel resmi untuk melakukan perawatan dan penggantian komponen.

3.Jaga Kondisi Kaliper

Efek yang cukup terasa apabila kaliper bermasalah adalah turunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem menjadi berat atau blong. Hal ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan.

Pastikan kaliper pada motor Anda dalam kondisi yang baik, karena itu jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini