Sukses

Tak Kunjung Diluncurkan, Toyota Minta Waktu Bawa Rangga ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) tak kunjung menghadirkan mobil komersial terbarunya, Toyota Rangga ke Indonesia. Bahkan, raksasa otomotif asal Jepang ini justru lebih dulu menghadirkan versi penyegaran new Hilux Double Cabin 2.4 4x4 ke pasar Tanah Air.

Dijelaskan Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, pihaknya memastikan akan meluncurkan Rangga. Namun saat ini masih dilakukan berbagai persiapan.

"Tapi kami masih butuh waktu, ini kan perlu pengembangan dan riset yang cukup panjang, kami masih dalam persiapan," jelas Anton, saat media gathering Toyota, di kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Lanjut Anton, pihaknya cukup serius menghadirkan Toyota Rangga untuk pasar dalam negeri. Meskipun begitu, model single cabin ini akan memiliki segmen yang berbeda dibanding Toyota Hilux.

Selain itu, persiapan Toyota sendiri bukan hanya sekadar pengembangan unit, tapi juga strategi pemasaran, pembiayaan hingga kerja sama dengan karoseri.

Pasalnya, model tersebut memang akan digunakan untuk kebutuhan yang lebih luas, tidak hanya sebagai bak terbuka saja.

"Kami masih butuh banyak masukan. Ini kita lakukan karena ekosistem dari segmen mobil ini berbeda dari mobil penumpang atau retail. Karena membutuhkan spare part yang kompetitif, ketersediaan suku cadang, dan fasilitas pembiayaan," tukas Anton.

Sebelumnya, Anton telah menegaskan jika model komersial ini akan memiliki nama resmi Toyota Hilux Rangga.

Jadi, bisa dipastikan model ini akan jadi generasi terbaru dari Hilux, yang tak berbeda dari pasar Thailand, yang memang sudah meluncurkan terlebih dahulu model tersebut dengan menggunakan nama Toyota Hilux Champ.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama Rangga

Selain itu, Toyota sendiri memang saat ini sudah mendapatkan dukungan dari 50 karoseri di Indonesia terkait peluncuran Toyota Hilux Rangga ini. Hal tersebut, bertujuan agar model komersial ini, bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Tanah Air.

Sekadar informasi, terkait nama Rangga sendiri terinspirasi dari bahasa Jawa 'Ronggo' yang melambangkan Ksatria atau Hero (Pahlawan).

Harapannya, mobil Toyota Rangga Concept ini dapat menjadi pahlawan bagi para pelaku usaha di Indonesia dengan memberikan berbagai solusi tepat guna yang dapat diandalkan dan berkelanjutan, terutama untuk bisa berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.