Sukses

Jas Hujan Ponco Bukan Melindungi, Malah Bisa Bikin Celaka

Musim hujan telah tiba. Bagi pengendara motor, selain lebih fokus dalam berkendara, wajib hukumnya juga untuk mempersiapkan segala sesuatu perlengkapan untuk di jalan, termasuk membawa jas hujan

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan telah tiba. Bagi pengendara motor, selain lebih fokus dalam berkendara, wajib hukumnya juga untuk mempersiapkan segala sesuatu perlengkapan untuk di jalan, termasuk membawa jas hujan.

Dengan menggunakan jas hujan pengendara motor bisa terlindungi dari guyuran hujan, dan menjaga agar pakaian tetap kering. Namun, penting untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan jas hujan sebelum digunakan sambil bermotor.

Disitat dari laman resmi Wahana Honda, jas hujan ponco adalah jenis jas hujan dengan desain longgar dan biasanya dirancang tanpa lengan. Bentuknya menyerupai jubah besar dengan panjang hingga lutut atau bahkan mata kali. Ia memang berfungsi dapat melindungi tubuh dan pakaian dari hujan. Sangat praktis digunakan.

Namun, banyak peringatan yang menyebut untuk tida mengunakan jas hujan model ponco. Karena bisa memicu terjadinya kecelakaan meskipun penggunaanya lebih praktis. Alih-alih melindungi pengendara dari hujan, malah justru bisa mengancam keselamatan jiwanya.

Banyak berita yang menyebut beberapa kasus kecelakaan bahkan sampai menyebabkan kematian terjadi akibat pengendaranya menggunakan jas hujan ponco.

Ini bermula karena bentuk jas hujan ponco yang menjulur sangat bisa terjerat oleh roda motor. Akibatnya, pengendara bisa terpelanting mendadak, dengan benturan yang cukup keras.

Apalagi, ketika melewati jalan berkelok atau menyeberang, jas yang menjulur itu bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jas Hujan Ponco untuk Pejalan Kaki

Kalau sudah terjerat pasti jatuh. Karena itu sangat disaranakan di saat musim jangan menggunakan jas hujan model ponco lagi. Ganti dengan model setelan, atas bawah karena model ini jauh lebih aman dan nyaman

Sejatinya, jas hujan model ponco bukan untuk digunakan saat berkendara sepeda motor, melainkan untuk pejalan kaki. Melihat bentuknya, ujung terluar yang panjang bisa tersangkut rantai atau gir yang menyebabkan pengendara terjatuh saat berkendara.

Nah, berhati-hati dalam mengenakan jas hujan ya. Dan ingat, jika sudah saatnya berkunjung ke bengkel AHASS segera lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Ulah Turis Asing Sewa Sepeda Motor di Bali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.