Sukses

Gaya Retro Racing Bakal Jadi Tren Modifikasi Vespa pada Tahun 2024

Bicara soal modifikasi tentu saja setiap tahunnya akan berbeda tren

Liputan6.com, Jakarta - Bicara soal modifikasi tentu saja setiap tahunnya akan berbeda tren. Begitu juga dengan gaya ubahan di motor Vespa, yang juga akan beralih pada 2024 ini, dengan banyak menganut gaya racing style berkonsep 80’s-90s.

Dijelaskan Dennil Sagita pendiri Scooter VIP, terlihat pada tahun ini, beberapa bagasi pengguna Vespa juga diubah menjadi dashboard race panel, layaknya motor balap tapi bukan untuk penggunaan bagasi, Meski ada komponen aftermarket dari luar negeri, tidaklah mudah tapi hal tersebut justru yang menjadia daya tarik.

"Namun ada yang berbeda dari sisi warna bodi, tampilan perpaduan warna pantone dan pastel bakal menjadi ciri khas favorit Vespa modifikasi ke depannya, di mana setiap tampilan warna lain di padukan dengan warna putih. Mode mode gaya 80’s - 90’s retro racing gitu konsepnya," jelas Dennil, kepada Liputan6.com, Selasa (16/1/2024).

Lanjut Dennil, penggunaan driver screen yang dulu biasa digunakan untuk vespa klasik largeframe maupun smallframe dipadukan ke vespa matik namun disesuaikan agak lebih minimalis.

"Penggunaan duck tail pengganti rak belakang menjadi ciri khas baru, karena rear rack model besi juga sudah berubah ke arah lebih sporty untuk sandaran tas kecil atau pouch," tegasnya.

Di sektor filter udara juga sudah banyak cover transparan agar merek filter udara yang digunakan mudah terlihat dan terpantau. Kemudian, untuk di bagian lis bodi dan cover panel switch indicator warna hitam glossy masih menjadi favorit dikarenakan ada juga yang kurang menyukai warna putih karena lebih cepat kotor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksesori aftermarket

"Untuk aksesoris aftermarket yang masih favorit adalah pijakan kaki (footstep) model racing untuk yang berboncengan paling utama yang di upgrade, lalu sektor kaki kaki seperti shockbreaker, kaliper, dan selang rem braided masih menjadi aksesoris yang paling wajib di upgrade sleanjutnya karena berhubungan dengan tampilan eksterior," tambahnya lagi.

Lalu untuk sektor part performance bagian bagian CVT seperti Variator, Kevlar belt, Kopling, Drum Kopling, Blok mesin, Piggyback, Per torsi sampai ke sektor pembuangan (exhaust) masih menjadi part yang biasanya juga turut di upgrade agar nyaman digunakan untuk keseharian (daily use) stop n go.

"Dan tentunya semua balik lagi ke budget pengguna masing masing, bisa disesuaikan mana prioritas utama dalam hal tampilan atau fungsinya," tukas Dennil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.