Sukses

Pindad Kenalkan Motor Listrik Rancangannya, Bakal Diproduksi Massal?

PT Pindad mengenalkan skuter elektrik konsep yang dinamakan EV-Scooter pada akhir Desember 2023 di lapangan Divisi Kendaraan Khusus, Bandung, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pindad mengenalkan skuter elektrik konsep yang dinamakan EV-Scooter pada akhir Desember 2023 di lapangan Divisi Kendaraan Khusus, Bandung, Jawa Barat. 

EV-Scooter memiliki panjang 2.012 mm, lebar 780 mm, tinggi 1.230 mm, jarak sumbu roda mencapai 1.366 dan ground clearance 190 mm.

Menurut Pindad, ia merupakan motor listrik hemat energi ditenagai BLDC 3 kW, menggunakan baterai 72 V 36 Ah. Untuk pengisian lewat daya (setrum AC) hingga penuh butuh waktu 2-3 jam.

Selanjutnya kendaraan dapat menempuh jarak hingga 100 km dalam satu kali pengisian. Lalu kendaraan sanggup bergerak maksimal 70 km/jam.

Wakil Direktur Utama PT Pindad, Syaifuddin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih serta apresiasi bagi seluruh karyawan. Yakni di setiap divisi perusahaan atas segala kontribusi sepanjang 2023.

Ia berharap agar seluruh entitas di PT Pindad terus semangat menghadapi 2024. Setelah membuka seremoni, acara kemudian dilanjutkan dengan peresmian EV-Scooter oleh Direktur Teknologi & Pengembangan, Sigit P. Santosa.

Turut dijelaskan, EV-Scooter ini merupakan salah satu produk hasil inovasi PT Pindad. Skuter listrik ini ditargetkan untuk diproduksi secara massal dan dalam prosesnya bekerja sama dengan PT PEI.

“Alhamdulillah teman-teman PT PEI bekerja sama dengan PT Tangkas Elektrik sudah bisa mendukung mass production ini selain untuk assembly. Tetapi kami libatkan dalam proses pengembangan produk bersama dengan divisi Inovasi Pindad. Untuk supply chain manufacturing sepenuhnya di PT PEI. Dengan diluncurkannya EV-Scooter. Maka pada Januari 2024 ini kami bisa segera mendapatkan kontrak & produksi massal,” jelas Sigit P. Santosa, dalam keterangan resmi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikembangkan Dual-Purpose

Untuk diketahui, EV-Scooter merupakan skuter listrik hasil inovasi Pindad yang didesain untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi harian. Tentunya dengan memanfaatkan energi listrik ramah lingkungan.

Motor dikembangkan untuk dual-purpose. Sehingga nantinya dapat digunakan baik sebagai penunjang kebutuhan personal, angkutan penumpang transportasi online maupun kargo atau jasa pengantaran ekspedisi.

Nantinya EV-Scooter akan diproduksi oleh PT PEI, yang merupakan anak perusahaan PT Pindad. Mereka telah memiliki fasilitas untuk memproduksi motor listrik dan sudah berpengalaman dalam proses manufaktur sepeda motor listrik sebelumnya.

Dengan pengalaman dan kapabilitas yang dimiliki perseroan baik di lini bisnis hankam maupun produk industrial.

EV-Scooter ini diharapkan dapat diterima oleh masyarakat dan menjadi opsi scooter buatan dalam negeri dari proses litbang hingga produksinya nanti.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.