Sukses

Adu Spesifikasi Baterai dan Daya Tempuh Mobil Listrik Chery Omoda E5 dengan Kompetitor

Persaingan di segmen mobil listrik Indonesia akan semakin sengit pada 2024

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan di segmen mobil listrik Indonesia akan semakin sengit pada 2024. Berbagai model ramah lingkungan baru akan hadir di Tanah Air, dan salah satunya adalah Chery Omoda E5 yang harga resminya akan diumumkan pada Februari tahun ini, tepatnya di salah satu pameran otomotif nasional.

Menarik jika membandingkan spesifikasi Chery Omoda E5 dengan kompetitor lainnya, yang telah hadir terlebih dahulu. Selain itu, dengan status mobil listrik asal China ini yang sudah dirakit secara lokal, tentu saja akan bersaing juga dengan mobil listrik produksi dalam negeri lainnya, seperti Hyundai Ioniq 5 dan juga Wuling Binguo EV.

Berikut, perbandingan kapasitas baterai dan juga jarak tempuh Chery Omoda E5 dengan para kompetitornya:

Chery Omoda E5 dengan Hyundai Ioniq 5

 

Salah satu faktor paling penting dalam memilih mobil listrik, tentu saja dilihat dari kapasitas baterainya, dan akan berhubungan dengan jarak tempuh. Sebagai perbandingan, Chery Omoda E5 dibekali dengan baterai berkapasitas 61 kWh, dan memiliki jarak tempuh 430 km, menurut metode WLTC.

Dibandingkan dengan Hyundai Ioniq 5 dengan tipe Standard Range, mobil listrik asal Korea Selatan ini hanya mampu menempuh jarak 384 km, dengan kapasitas baterai sebesar 58 kWh.

Memang, untuk Hyundai tipe Long Range, memiliki jarak tempuh sekitar 481 km, dengan kapasitas baterai 72,5 kWh. Tapi, yang jadi masalah, model ini memiliki harga jual yang cukup tinggi, dan sudah tembus Rp 790 jutaan. Sedangkan Chery Omoda E5, meskipun harga resminya belum terungkap, tapi diyakini model ini akan memiliki harga jual di sekitar Rp 500 hingga Rp 600 jutaan saja.

Sementara itu, untuk tenaga maksimum, Chery Omoda E5 diklaim memiliki daya hingga 150 kW dan untuk Hyundai ioniq 5 menghasilkan tenaga hanya 125 kW.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbandingan dengan Wuling Binguo EV

Menarik lagi, jika membandingkan Chery Omoda E5 dengan Wuling Binguo EV. Memang berbeda segmen, namun dua mobil listrik ini tentu masih akan berstatus model baru, dengan waktu peluncuran yang tidak berbeda jauh.

Wuling Binguo EV sendiri memiliki jarak tempuh sekitar 333 hingga 410 km, yang berasal dari baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 31,9 kWh (Long Range) dan 37,9 kWh (Premium Range), serta motor listrik 50 kW.

Sedangkan untuk Chery Omoda E5, seperti yang sudah dibahas, memiliki baterai berkapasitas 61 kWh, motor listrik 150 kW dengan jarak tempuh 430 km.

Sedangkan untuk waktu pengisian baterai, Chery Omoda E5 memiliki fitur fast charing, dengan isi baterai dari 30 hingga 80 persen hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.