Sukses

Jelang Libur Nataru, Polri Siapkan Pola Rekayasa Lalu Lintas Antisipasi Kemacetan

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit, mengatakan jajarannya telah menyiapkan sejumlah skema pengaturan lalu lintas guna mengatisipasi kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit menyatakan jajarannya telah menyiapkan sejumlah skema pengaturan lalu lintas guna mengatisipasi kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pasalnya, akan ada potensi lonjakan pemudik saat liburan akhir tahun tersebut.

"Berkaitan rekayasa, kita sudah memiliki konsep. Kita pernah punya pengalaman khususnya terkait jalur mudik, maupun jalur balik dalam mengelola pada saat mudik Idul Fitri," jelas Listyo, disitat dari NTMC Polri, ditulis Senin (11/12/2023).

"Sehingga tentunya pengalaman ini akan kita terapkan di libur Nataru, khususnya dalam hal pengelolaan dan rekayasa jalur transportasi," tambahnya.

Menurutnya, polisi memiliki pengalaman dalam mengantisipasi arus mudik lebaran. Maka itu, polisi bakal pula mengaplikasikan pengalaman tersebut, mulai dari rekayasa dengan contraflow, alih arus, hingga one way nantinya saat terjadi kepadatan hingga kemacetan di titik tertentu.

"Kita telah memiliki hitungan semacam counting pada saat jumlah kendaraan yang ada di jalur tol melebihi kapasitas tertentu maka kita akan berlakukan rekayasa. Ini terus kita evaluasi sehingga pada saat kita lakukan rekayasa lalu lintas, di sisi lain jangan sampai ada masyarakat pengguna jalan juga terganggu,” tegasnya.

"Sehingga tidak terjadi penumpukan yang terlalu berlebihan dan kalau pun harus terpaksa menunggu juga tentunya disiapkan rest-rest area yang kemudian juga membuat masyarakat bisa nyaman sambil menunggu," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahapan Pemilu 2024 Bersamaan dengan Libur Nataru

Ia menambahkan, dalam penghitungan pihaknya, ada pula kegiatan pelaksanaan tahapan Pemilu bersamaan libur Nataru itu. Maka itu, pihaknya juga bakal melakukan pengamanan dalam kegiatan perhelatan politik tersebut.

“Pelaksanaan tahapan pemilu sehingga masing-masing kepala wilayah kita minta untuk melakukan mapping di wilayahnya sehingga tahapan pemilu tetap bisa berjalan baik,” tukasnya.

Dengan pengamanan tersebut, tambah Kapolri, potensi terjadinya konflik dan gangguan Kamtibmas bisa dipetakan dan diantisipasi. Pihaknya juga bakal menyebarkan personelnya ke titik-titik sesuai wilayah yang dipetakan, baik demi pengamanan Nataru maupun Pemilu.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini