Sukses

Mitsubishi XForce Siap Diekspor Mulai Februari 2024, Vietnam Jadi Negara Pertama

Mitsubishi XForce dijadwalkan untuk dipasarkan di negara-negara ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika.

Liputan6.com, Jakarta - Sport Utility Vehicle (SUV) kompak terbaru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), XForce telah mulai diproduksi dan siap dikirim ke konsumen mulai November 2023. Tidak hanya untuk pasar domestik, pesaing Hyundai Creta ini juga direncanakan untuk dipasarkan ke luar negeri alias ekspor.

Rencananya, Mitsubishi XForce akan dipasarkan di negara-negara ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika.

"Februari mendatang (2024) XForce akan diekspor ke Vietnam, angkanya tentu akan tergantung market demand masing-masing negara," jelas Minoru Saito, President Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).

Sementara itu, untuk target ekspornya sendiri, adalah sekitar 3.500 per bulan.

Mitsubishi XForce dirakit di jalur produksi yang sama dengan Xpander. Total kapasitasnya, dengan produksid Pajero Sport dan L300 adalah 220 ribu unit per tahun.

Sedangkan pada 2024, produksi Mitsubishi XForce akan dinaikan menjadi 5.000 unit per bulan, namun untuk tahap awal baru akan menjadi 3.000 unit per bulan.

"Spesifikasi XForce tentu saja berbeda dari satu negara dengan negara lainnya. Indonesia negara dengan setir kanan, Filipina dan Vietnam setir kiri, tentu spesifikasi berbeda. Hanya saja, sebagian lainnya tetap sama," Saito memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitsubishi XForce Siap Dikirim ke Konsumen

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi mengumumkan, SUV kompak terbarunya, XForce telah diproduksi dan siap dikirim ke konsumen mulai November 2023. Sebagai langkah awal, proses distribusi ini telah dilakukan penyerahan secara simbolis 50 unit kepada perwakilan diler.

Proses penyerahan unit XForce ini, dilakukan di area carpool MMKSI yang berada di Kawasan Land B, Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi, Kamis (16/11/2023).

"Kami telah melakukan serah terima unit-unit XForce kepada grup diler, dan kami berharap ribuan unit XForce dapat segera mengaspal di jalan-jalan di seluruh Indonesia dalam waktu dekat," jelas Atsushi Kurita, Presiden Director PT MMKSI.

Sejak memperkenalkan XFC Concept yang merupakan basis dari XForce, MMKSI telah membuka pre-booking atau pemesanan kepada konsumen yang tertarik dengan Mitsubishi XForce.

Berlanjut ke peluncuran perdana di dunia, hingga perkenalan di kota-kota besar di Indonesia, jenama berlambang tiga berlian ini sudah mengantongi lebih dari 4.000 SPK untuk XForce.

Sementara itu, Kurita juga menjelaskan untuk produksi Mitsubishi XForce hingga akhir 2023 sekitar 4.000 unit. Namun, untuk pengirimannya sendiri, hanya akan sebesar 3.000 unit.

"Sisa produksi, sebesar 1.000 unit untuk keperluan diler dan tes drive konsumen. jadi, untuk tahun depan setiap bulan 2.000 unit akan sangat memungkinkan," pungkas Kurita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.