Sukses

Peluncuran Mobil Listrik Mitsubishi eK X EV di Indonesia Bisa Dipercepat

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memamerkan mobil listrik eK X EV pada ajang Japan Mobility Show 2023 di Tokyo Big Sight.

Liputan6.com, Tokyo - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memamerkan mobil listrik eK X EV pada ajang Japan Mobility Show 2023 di Tokyo Big Sight. Mobil kompak ini sebelumnya juga pernah dipajang di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Mitsubishi berencana menghadirkan eK X EV ke Indonesia. Namun, kendaraan ramah lingkungan ini masih dalam tahap riset sebelum resmi diluncurkan ke Tanah Air.

"Kami masih membutuhkan waktu untuk pemasaran, kelayakan, dan profitabilitas," ujar Hiroshi Nagaoka, Executive Vice President MMC saat berbincang di Tokyo, Jumat (27/10/2023)

Katsuo Nakamura, Executive Vice President MMC, menambahkan, "Kami dapat merilis eK X EV untuk para komuter di dalam kota Jakarta, dalam hal ini, mobil ini sangat cocok."

"Jika ada permintaan yang besar tentang model ini, kami dapat mempercepat peluncuran mobil ini di Indonesia," Nakamura menegaskan.

Mitsubishi eK X EV menawarkan kabin yang luas dan menyenangkan meskipun ukuran kendaraannya kecil. Selain itu, mobil ini diklaim ramah bagi para pengguna, menawarkan pengendaraan yang mulus, dan bertenaga yang unik untuk EV, pengendaraan yang tenang dan nyaman, sistem bantuan pengemudi yang canggih, dan konektivitas.

Mitsubishi eK X EV tak sendiri, nantinya mobil listrik mungil itu akan ditemani Mitsubishi Minicab-MiEV yang merupakan kendaraan listrik komersial (EV) kelas onebox kei-car yang direncanakan akan diproduksi secara local di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi dan Harga Mitsubishi eK X EV

Mitsubishi eK X EV merupakan model kendaraan listrik hasil kolaborasi dengan Nissan Motor Co., Ltd. Mobil mungil ini memiliki kembaran beranam Nissan Sakura. 

Di Jepang,  Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X EV diproduksi Pabrik Mizushima Mitsubishi Motors di Prefektur Okayama. Dua kendaraan listrik mini generasi baru ini direncanakan, dikembangkan, dan dikelola oleh NMKV, perusahaan patungan antara Nissan dan Mitsubishi Motors.

Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X EV memiliki spesifikasi yang sama karena menggunakan platform serupa. Mitsubishi eK X EV menggunakan baterai 20 kWh yang bisa menempuh jarak 180 km dalam sekali pengisian daya. Tenaga yang dihasilkan motor listriknya mencapai 63 HP dan torsi 195 Nm.

Mitsubishi eK X EV ditawarkan dengan harga mulai dari 2.398.000 yen atau Rp 275 juta hingga 2.932.600 yen atau Rp 336,5 juta.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.