Sukses

Mengenal Maung, Kendaraan Taktis yang Dipakai Prabowo-Gibran ke KPU

Bakal calon presiden Prabowo Subianto bersama bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka hari ini melakukan pendaftaran Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, (25/10).

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden Prabowo Subianto bersama bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka melakukan pendaftaran peserta Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (25/10/2023).

Prabowo dan Gibran melakukan perjalanan dari Taman Suropati Menteng menuju kantor KPU menggunakan kendaraan taktis Maung yang dibuat PT Pindad. Kendaraan itu dihias menggunakan janur kuning layaknya pesta pernikahan.

Dari dalam Maung, Prabowo dan Gibran melambaikan tangannya kepada para pendukung yang turut mengikuti sampai ke kantor KPU.

Maung merupakan kendaraan taktis ringan 4x4 produksi PT Pindad yang ditujukan untuk mendukung operasi jelajah medan sulit dan kendaraan angkut personel, dengan daya tampung empat personel dengan lima pintu.

Maung memiliki dimensi dengan panjang 4,8 meter; lebar dua meter; tinggi 1,8 meter; dengan wheel base 2,8 meter dan ground clearance 0,3 meter. Kendaraan itu dimotori mesin diesel 1.900 cc berdaya 136 tenaga kuda (HP).

Suspensi depan Maung menggunakan Independent Coil Spring With Gas Shock Absorber, sedangkan suspensi belakang menggunakan Rigid 5-link Coil Spring With Gas Shock Absorber.

Dengan kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km, menjadikan Maung memiliki manuver yang gesit dan handal.

Pindad Maung dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker dan perlengkapan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Maung Milik Pribadi

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, mobil yang digunakan untuk mendaftar ke KPU adalah milik pribadi.

"Pribadi," kata Dahnil kepada wartawan di Oriental Mandarin, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Namun, Dahnil tidak menjelaskan secara rinci terkait kapan mobil yang digunakan untuk mendaftar ke KPU itu dibelinya. Kendati demikian, ia memastikan jika mobil maung itu sengaja disiapkan untuk melakukan pendaftaran ke KPU.

"(Beli kapan) Enggak tahu tanggalnya, pak Prabowo yang (tahu)," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini