Sukses

Puluhan Mobil VW Klasik Uji Emisi di Audi Center, Hasilnya Mencengangkan

Volkswagen Van Club (VVC) menggelar uji emisi bagi para anggota klubnya yang masih memiliki VW klasik kombi atau van pada Sabtu, (23/9).

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen Van Club (VVC) menggelar uji emisi bagi para anggota klubnya yang masih memiliki VW klasik kombi atau van pada Sabtu, (23/9). Acara uji emisi ini tentunya dilancarkan dengan menggandeng Indomobil Audi Center MT Haryono sebagai ATPM yang menjual mobil Audi dan Volkswagen di Indonesia.

Acara ini berlangsung dengan penuh antusias dari para peserta yang juga merupakan anggota VVC. Uji emisi dimulai dari pukul 9.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB yang berlangsung di bengkel Audi-VW. Total ada 36 unit kendaraan VW klasik jenis Kombi dan Beetle, serta beberapa mobil dari pabrikan Jepang, Korea, dan Eropa yang bukan dari merek VW.

Dari 36 unit yang mengikuti uji emisi, lebih dari setengahnya, yaitu 20 unit, berhasil lolos uji emisi. Sementara 16 unit lainnya tidak memenuhi standar uji emisi dengan berbagai catatan. Dari total unit yang diuji, terdapat 21 VW Kombi yang ikut serta. Selain itu, ada 3 unit VW Beetle dan 11 unit dari merek non-VW.

Dari 21 VW Kombi yang mengikuti uji emisi, 8 diantaranya berhasil lolos uji, sementara 13 unit lainnya memerlukan perbaikan khusus yang diindikasikan selama sesi pengujian berikutnya. Jenis perbaikan yang diperlukan meliputi penyetelan ulang mesin agar sesuai dengan standar emisi gas buang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momen Kebanggaan Pemilik Mobil Klasik

Ketua Umum Volkswagen Van Club (VVC), yang juga menjabat sebagai Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM., menekankan bahwa momen uji emisi seharusnya bisa menjadi momen kebanggaan bagi pemilik mobil klasik. 

"Dengan demikian, saya sebagai Ketua Umum VVC menyambut baik dan memberikan dukungan penuh. Saya juga mengajak seluruh anggota VVC yang masih memiliki VW Kombi atau VW klasik lainnya untuk turut serta dalam uji emisi ini," ungkap Pudji.

Kerjasama dalam uji emisi ini pada dasarnya bertujuan untuk membuktikan bahwa mobil klasik seperti VW Kombi mampu memenuhi standar emisi gas buang yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Diyakini bahwa dengan menjaga mesin kendaraan secara teratur, emisi yang dihasilkan akan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Harapannya, VW Kombi anggota VVC yang lulus uji emisi sebagai penanda kalau mobil hobinya ini memang terbukti barang rawatan. Kalaupun belum memenuhi standar baku emisi yang diperbolehkan, menurut Pudji pihaknya akan melakukan evaluasi dan mencari solusi terbaik penanganannya agar bisa lulus pada uji emisi berikutnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini