Sukses

Deretan Mobil Listrik yang Jadi Kendaraan Operasional KTT ASEAN 2023

Kendaraan listrik menjadi moda transportasi di KOnferensi tingkat Tinggi ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), 5 hingga 7 September 2023

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan listrik kembali menjadi moda transportasi di Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), 5 hingga 7 September 2023. Hadirnya ratusan produk kendaraan ramah lingkungan tersebut merupakan buah partisipasi dari ekosistem industri otomotif di Tanah Air.

Pilihan untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai moda transportasi operasional kegiatan-kegiatan resmi internasional di Indonesia, sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap pemerintah Indonesia.

Di mana, pengembangan kendaraan listrik sendiri merupakan upaya untuk mewujudkan transisi dari energi fosil menuju energi baru terbarukan.

Keterlibatan produsen otomotif nasional pada perhelatan internasional seperti KTT ASEAN 2023 menjadi untuk ketiga kalinya.

Setelah sebelumnya, pada KTT ke-42 ASEAN 2023, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat, 9-11 Mei 2023. Dilanjutkan kemudian di KTT G-20 di Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022.

Empat produsen mobil nasional yakni PT BMW Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), PT Toyota Astra Motor (TAM), dan Wuling Motors berkolaborasi meminjamkan produk mobil listrik mereka untuk digunakan sebagai armada operasional dalam KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

Pihak BMW Indonesia pun telah menyerahkan sebanyak 36 unit produk terbaru mereka, BMW i7 xDrive60 Grand Lusso kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Seluruh unit mobil yang memerlukan waktu hanya 34 menit untuk pengisian daya baterai sampai 80 persen tersebut, telah berada di kawasan Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, sebagai lokasi utama KTT ke43 ASEAN 2023," ujar Corporate Communications Department BMW Indonesia Jodie O'tania, disitat dari laman resmi kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, ditulis Selasa (5/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramah lingkungan

Selanjutnya ada sebanyak 74 unit IONIQ 6 dan 272 unit Hyundai IONIQ 5 yang dipinjamkan pihak HMID untuk keperluan KTT ke-43 ASEAN 2023.

Selanjutnya adalah pihak TAM, yang meminjamkan sebanyak 76 unit Toyota Bz4X untuk dijadikan kendaraan resmi pejabat tinggi setingkat menteri yang ikut serta pada KTT ke-43 ASEAN 2023.

Sedangkan pihak WMI meminjamkan sebanyak 150 mobil listrik mungil Wuling AirEv untuk kendaraan operasional.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.