Sukses

Standar Samping Sepeda Motor Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya

Sepeda motor pada umumnya memiliki dua jenis standar yang bisa digunakan saat ingin parkir, yaitu standar tengah dan standar samping. Keduanya bertugas sebagai penopang saat motor parkir.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor pada umumnya memiliki dua jenis standar yang bisa digunakan saat ingin parkir, yaitu standar tengah dan standar samping. Keduanya bertugas sebagai penopang saat motor parkir.

Pengguna sepeda motor kebanyakan memilih untuk menggunakan standar samping karena lebih praktis dibandingkan dengan standar tengah.

Meskipun jarang rusak, standar samping sepeda motor perlu diperhatikan agar selalu bekerja sebagaimana mestinya.  Berikut tips perawatan standar samping yang harus diketahui pemilik motor:

Hindari Beban Berlebih

Satu hal fatal yang sering dilakukan oleh pemotor adalah duduk di atas motor saat menggunakan standar samping. “Hal ini dapat menyebabkan standar samping menjadi bengkok dan mengurangi fungsinya,” ungkap Dwi Rochmat Kurniawan Promotion Area Yamaha Territory VI, main dealer PT Thamrin Brothers untuk Sumatera Selatan & Bengkulu.

Jaga Kebersihan Standar Samping

Standar samping bekerja seperti engsel dan butuh pelumasan agar tidak macet. Selalu juga kebersihannya agar kinerjanya tidak terganggu. Standar samping kotor membuatnya sulit untuk dilipat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Periksa Standar Samping yang Dilengkapi Side Stand Switch

Jika motor Anda dilengkapi dengan side stand switch, pastikan untuk secara rutin memeriksa kondisi kabel dan fungsi switch tersebut. Side stand switch sangat penting karena jika mengalami masalah, motor Anda mungkin tidak akan bisa dihidupkan.

Jika Anda berencana untuk memarkir motor dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya gunakan standar tengah. Menggunakan standar samping untuk waktu yang lama dapat memberikan beban berlebih pada satu sisi motor, yang dapat berdampak negatif pada kondisi ban dan shockbreaker.

Saat membersihkan motor, pastikan untuk tidak menggunakan standar samping. Penggunaan standar samping saat mencuci motor dapat menyebabkan motor terjatuh, yang dapat merusak motor dan menyebabkan cedera.

3 dari 3 halaman

Kartu Service Gratis

Sementara itu terkait perawatan motor, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memberikan informasi terkait waktu dan metode perawatan yang dianjurkan melalui buku panduan pemilik.

Yamaha juga menyediakan fasilitas Kartu Service Gratis (KSG). Hal ini memungkinkan konsumen untuk merawat sepeda motor tanpa biaya jasa service hingga 4 kali dalam setahun sekaligus memberikan bonus oli gratis.

“Untuk menjaga kualitas serta mempertahankan agar performa tetap optimal dan semakin tahan lama digunakan maka konsumen perlu merawat sepeda motornya. Dalam mendukung konsumen agar tetap peduli akan pentingnya perawatan sepeda motor, Yamaha berkomitmen memberikan fasilitas perawatan sepeda motor berupa KSG atau Kartu Service Gratis untuk setiap pembelian sepeda motor Yamaha. KSG tersebut dapat dimanfaatkan konsumen untuk melakukan perawatan sepeda motor di seluruh jaringan bengkel resmi Yamaha,“ jelas Frengky Rusli, Assistant General Manager Service & Motorsport YIMM.

Bagi konsumen yang memiliki kesibukan untuk melakukan perawatan sepeda motor, Yamaha juga menyediakan fasilitas Servis Kunjung Yamaha (SKY) yang memungkinkan teknisi langsung mendatangi konsumen di mana saja.

Sumber: Otosia.com

Penulis: Nazarudin Ray

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini