Sukses

Para Pemotor Lawan Arah Penabrak Truk di Lenteng Agung Tak Akan Dapat Santunan, Ini Alasannya

Tujuh sepeda motor yang melawan arah di Lenteng Agung, Jakarta Selatan terlibat kecelakaan dengan truk bermuatan hebel. Akibat kecelakaan ini, lima orang terluka, tiga di antaranya luka parah.

Liputan6.com, Jakarta - Tujuh sepeda motor yang melawan arah di Lenteng Agung, Jakarta Selatan terlibat kecelakaan dengan truk bermuatan hebel. Akibat kecelakaan ini, lima orang terluka, tiga di antaranya luka parah.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dan Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono, menyayangkan ketidaktaatan masyarakat berlalu lintas menimbulkan risiko kecelakaan.

"Ketidaktaatan pengendara roda dua terhadap aturan yang berlaku menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Tentunya hal ini sangat disayangkan dan bagi pengendara yang menyebabkan terjadinya laka tidak layak mendapatkan santunan. Semoga hal ini menjadi pembelajaran bagi pengguna jalan untuk tertib dalam berlalu lintas," kata Firman dalam keterangannya, Rabu (23/8/2023).

Sementara, Rivan menuturkan, pihak Jasa Raharja berkoordinasi dengan Polantas untuk memperoleh kepastian keterjaminannya.

"Jika merujuk pada UU No 34/1964 jo PP no 18/1965, bahwa bagi pengemudi/pengendara yang mengalami kecelakaan dan merupakan penyebab terjadinya tabrakan dua atau lebih kendaraan bermotor, maka Jasa Raharja tidak menjamin," imbuh Rivan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kecelakaan yang Tak Dapat Santunan

Adapun, kategori korban kecelakaan lalu lintas lain yang tidak berhak mendapat santunan Jasa Raharja, di antaranya korban kecelakaan tunggal, korban kecelakaan karena menerobos palang pintu kereta api, korban yang mengalami kecelakaan terbukti sedang melakukan kejahatan, korban kecelakaan yang terbukti mabuk, korban kecelakaan yang disengaja karena bunuh diri atau percobaan bunuh diri, dan korban celaka karena mengikuti perlombaan kecepatan, seperti lomba balap mobil dan lomba balap motor.

Oleh karena itu, Jasa Raharja mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu mentaati peraturan lalu lintas dan berkendara dengan tertib.

"Dengan demikian, diharapkan dapat menjaga keselamatan bersama dan mencegah terjadinya insiden-insiden serupa di masa mendatang," kata Rivan.

3 dari 3 halaman

Kronologi Truk Tabrak 7 Pemotor Lawan Arus di Lenteng Agung Jaksel

Polisi tengah menyelidiki kasus kecelakaan antara truk bermuatan hebel dengan tujuh sepeda motor di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Dalam kejadian ini, lima orang luka, tiga diantaranya luka parah. Dari dugaan sementara, penyebab kecelakaan itu lantaran para pengendara motor yang melawan arus.

"Sejauh ini, yang diduga sebagai penyebab kecelakaan karena kendaraan melawan arus," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Bayu Marfiando kepada wartawan, Selasa (22/8/2023).

Bayu mengatakan, selain AS dimintai keterangan, pihaknya juga melakukan tes urine dan dinyatakan hasilnya negatif dari narkoba.

Ada yang Kabur

Adapun kronologi kejadian itu, Bayu menerangkan pada saat AS melintas di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan mengarah ke Depok kendaraannya disalip oleh sebuah mobil yang melaju dengan kencang. Sontak AS yang sempat kaget karena perhatian teralihkan pada mobil yang menyalipnya.

"Dia (sopir truk) sempat mengalihkan perhatian ke mobil itu. Tiba-tiba di saat yang bersamaan, ada motor dari arah yang berlawanan," ungkap dia.

Sementara itu, pada saat kecelakaan, Budi menambahkan ada tiga pengendara motor yang terlibat kecelakaan beruntun itu, namun mereka justru kabur. Bayu menilai pengendara motor yang kabur karena rasa bersalah.

Selain itu, terkait dengan sebuah mobil yang menyalip sopir truk, pihaknya tengah memburunya untuk dimintai keterangan. "Intinya nanti hasilnya seperti apa, kalau mobil akan kita tindak lanjuti," ungkap Bayu.

Penulis: Natasa Kumalasah Putri

Sumber: Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini