Sukses

Netizen Mempertanyakan Kualitas Rangka eSAF Milik Honda

Baru-baru ini heboh di media sosial terkait dengan motor skutik Honda yang mengusung rangka terbaru dari Honda, yaitu eSAF.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini heboh di media sosial terkait dengan motor skutik Honda yang mengusung rangka terbaru dari Honda, yaitu eSAF.

Rangka eSAF ini digadang-gadang mudah berkarat, keropos hingga patah, padahal usia pakai motor tersebut terbilang masih muda dengan peluncuran awal tahun 2019 pada motor Honda Genio.

Produksi rangka ini dilakukan di pabrik AHM di kawasan MM2100 Cikarang Jawa Barat yang diklaim rangka terbaru ini membuat motor menjadi lebih lincah, ringan, dan nyaman saat digunakan.

Rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) digunakan pada model motor Honda Genio, Beat, Scoopy, dan juga Vario 160.

Kejadian ini banyak di unggah sosial media salah satunya akun TikTok yang bernama @erwin.chefkolot. Ia membeli Vario 160 pada Bulan Maret 2023 yang kemudian pada bulan Agustus ia membuka body dari motor tersebut dan ditemukan tanda tanda karat pada bagian depan rangkanya.

Netizen berkomentar pada unggahan tersebut yang menyebutkan kualitas Honda kian hari kian menurun dan juga ada yang menyarankan untuk mengecat rangkanya saja dengan cat anti karat agar karatnya tidak menyebar.

Kemudian juga ada yang berkomentar bahwa dia akan berencana membeli Honda Vario 160 jadi ragu karena peristiwa ini dan ada juga netizen yang mengeluhkan dengan harga motornya yang tidak sebanding dengan kualitasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Asal Muasal Rangka eSAF Milik Honda

Sepeda motor Honda belakangan ini sedang menjadi sorotan netizen Indonesia. Melalui video yang diunggah oleh @imanmadden, terlihat sejumlah skutik Honda yang mengalami patah pada bagian sasisnya sehingga motor seakan-akan terlipat. 

Pengguna akun Tiktok @azka3044 berbagi video masalah lain, video tersebut berisikan tentang skutik Honda mengalami keropos pada bagian bawah rangkanya. 

Semua motor skutik yang dibagikan oleh kedua akun tersebut berisikan skutik Honda yang relatif keluaran baru. Netizen pun berpendapat bahwa rangka eSAF yang menjadi penyebab sejumlah kerusakan tersebut. Lantas, seperti apa asal muasal rangka eSAF milik Honda?

PT Astra Honda Motor (AHM) pertama kali menggunakan teknologi rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) pada skutik Genio yang diluncurkan 2019 silam. 

 

3 dari 4 halaman

Rangka eSAF Diproduksi di Pabrik AHM Cikarang

Produksi rangka eSAF dilakukan di Pabrik AHM di kawasan MM2100 Cikarang Jawa Barat. Honda mengklaim teknologi eSAF membuat motor Genio lebih lincah, ringan, dan nyaman saat digunakan. 

Rangka eSAF pada Honda Genio menggunakan proses press serta laser welding. Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas pengendalian dan pemanfaatan ruang untuk bagasi serta bahan bakar. 

GM Plant AHM Cikarang Dodi Sutriadi mengatakan proses produksi rangka baru eSAF pada Honda Genio didesain secara khusus untuk menghasilkan kuliatas rangka terbaik dengan bobot yang jauh lebih ringan agar dapat memberikan kemudahan bermanuver di jalan. 

 
4 dari 4 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini