Sukses

Baru Tahu, Swallow Pembuat Ban Bukan Perusahaan yang Sama dengan Merek Sandal Jepit

Masyarakat Indonesia tentu sangat familiar dengan sandal jepit Swallow yang memiliki beragam warna, harga terjangkau, dan bisa dibeli di mana saja. Sandal jepit tentu nyaman untuk digunakan sehari-hari, terutama ketika berwisata ke pantai.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia tentu sangat familiar dengan sandal jepit Swallow yang memiliki beragam warna, harga terjangkau, dan bisa dibeli di mana saja. Sandal jepit tentu nyaman untuk digunakan sehari-hari, terutama ketika berwisata ke pantai.

Para pencinta otomotif tentu mengenal merek Swallow sebagai jemana yang menjual beragam jenis ban kendaraan. Seperti sepeda, sepeda motor, mobil, truk, dan lain sebagainya.

Sandal jepit dan ban kendaraan sama-sama terbuat dari bahan karet, logo dari sandal jepit dan ban pun terlihat mirip, apakah keduanya dibuat oleh satu perusahaan yang sama?  Jawabannya, sandal dan ban Swallow pernah diproduksi dari satu perusahaan. Berikut ulasannya.  

Pernah Bersama

PT Industri Karet Deli (IKD) berdiri pada tahun 1956 dan berlokasi di Medan, Sumatera Utara sebagai perusahaan yang memproduksi barang-barang dari olahan karet seperti sandal, sepatu, dan ban, termasuk sandal jepit Swallow tersebut. 

Untuk menjawab pertanyaan ini, Gunawan selaku Sales Domestik PT IKD memberikan penjelasannya.

"Banyak sekali yang bertanya (soal sandal dan ban Swallow), logonya sama persis, tidak ada bedanya. Tahun 1956 masih sama. Kan kita awalnya buat bahan-bahan karet, ada sandal, sepatu, ada juga sepatu kungfu," ungkap Gunawan.

Gunawan menambahkan , sekitar 15 tahun kemudian di tahun 1970-an sudah tidak lagi diproduksi oleh induk perusahaan yang sama.

"Tahun 1970-an sudah dijual, dan perusahaannya sudah lain. Jadi sudah tidak ada hubungan dengan perusahaan sendal lagi," jelas pria yang akrab disapa Gun tersebut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ban Swallow

 

PT Industri Karet Deli (IKD) kini hanya memproduksi dan menjual ban-ban kendaraan melalui tiga merek, yaitu Swallow, Delium, dan Deli Tires. Tak hanya ban sepeda motor dan mobil saja, melainkan juga ban sepeda, light truck, bus, truk tambang, ATV, hingga UTV seperti Polaris dan Can-Am. 

Deli Tires merupakan merek dagang untuk ban sepeda dan sepeda motor khusus pasa export. Sementara Delium dikhususkan untuk produk ban mobil radial yang tersedia dalam format ban aspal, All-Terrain (AT), dan Mud-Terrain (MT). 

"Untuk ekspor ban motor kita paling banyak ke Taiwan," tutur Gunawan. 

Setelah dedikasi membuat ban selama lebih dari 60 tahun, PT IKD menjadi perusahaan asli Indonesia yang telah dipercaya oleh konsumen di lebih dari 50 negara di 5 benua di dunia.  

Sandal Swallow Sekarang

Melansir dari laman resmi sandalswallow.com, Saat ini sandal Swallow berada di bawah perusahaan PT Sinar Jaya Prakarsa yang memiliki kantor pusat di Jl. Kamal Raya, Kali Deres, Jakarta Barat. Serta memiliki tiga lokasi lain yaitu di Jl. Yos Sudarso - Medan, Jl. Kalianak - Surabaya, dan Jl. Gatot Subroto - Semarang.

Saat ini sandal Swallow tidak hanya memiliki warna seperti dulu, melainkan sudah berkolaborasi dan menciptakan banyak produk-produk berdesain menarik. Tak hanya itu, kiprah sandal jepit Swallow pun sudah mendunia hingga di eskpor ke beberapa negara. Mulai dari India, Somalia, Malaysia, dan Filipina. 

Sumber: Otosia.com

Penulis; Syahrul Muhammad Ghiffari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.