Sukses

Jangan Pikir Sepele, Begini Tips Memilih Sarung Tangan yang Benar

Sarung tangan, dapat berfungsi mengurangi resiko cedera yang bisa dialami tangan akibat kemungkinan terjadinya kecelakaan

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengendarai sepeda motor, berbagai perlengkapan wajib digunakan. Selain helm dan jaket, sarung tangan juga memiliki fungsi yang cukup penting, baik dari segi kenyamanan atau keselamatan.

Sarung tangan, selain berguna untuk melindungi kulit tangan dari teriknya sinar matahari maupun air hujan yang dingin, dapat berfungsi mengurangi risiko cedera yang bisa dialami tangan akibat kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Terbukti, jika sarung tangan memiliki fungsi penting saat berkendara adalah dengan terlihat banyaknya model sarung tangan yang ditawarkan di pasaran.

Namun, jangan salah pilih sarung tangan, dan jangan hanya melihat harga yang murah. Berikut, beberapa tips untuk memilih sarung tangan, seperti disitat dari laman Wahana Honda Motor:

1. Praktis, Tapi Bahaya

Sarung tangan dengan model setengah biasanya sering digunakan untuk harian. Sarung tangan model ini tidak melindungi bagian jari-jari, melainkan hanya bagian telapak dan punggung tangan.

Sarung tangan dengan model tersebut sesungguhnya sangat berbahaya, apabila digunakan dalam kecepatan tinggi, karena saat terjadi kecelakaan cedera yang ditimbulkan bisa sangat berbahaya, terutama untuk bagian tangan yang tidak terlindungi.

Berbeda dengan sarung tangan full, karena akan melindungi keseluruhan jari tangan dan bisa mencegah jari terluka akibat tergesek aspal saat terjadinya kecelakaan.

Tapi, yang perlu diperhatikan dalam meilih sarung tangan adalah tidak hanya faktor model saja, melainkan juga faktor lain seperti fitur atau bahan dari sarung tangan yang digunakan.

2. Sesuai Dengan Budget

Cara memilih sarung tangan motor yang pertama, adalah sesuaikan dengan budget tersedia. Jangan terlalu memaksakan untuk membeli sarung tangan dengan harga yang mahal.

Saat ini sudah banyak sarung tangan motor yang terjangkau dengan kualitas sangat baik, bahkan beberapa di antara merek yang memproduksinya sudah melakukan ekspor produk ke luar negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Model yang Tepat

Sebenarnya, soal model sangat tergantung, namun yang perlu diingat, model sarung tangan harus disesuaikan dengan motor yang akan dikendarai.

Sarung tangan model half akan terasa tidak gerah ketika digunakan, beda halnya dengan model full yang akan membuat tangan cepat berkeringat saat digunakan dalam waktu lama.

Tapi, keunggulan dari sarung tangan model full adalah akan melindungi tangan lebih baik. Hal ini sangat penting apabila Anda mengendarai motor berjenis sport atau motor dengan kapastias mesin besar.

Tentu tidak ada yang ingin celaka di jalan, namun setidaknya model sarung tangan ini bisa menekan risiko cedera apabila menggunakan jenis sarung tangan full.

4. Perhatikan Perlindungan Ekstra

Banyak sarung tangan motor yang sudah dilengkapi dengan perlindungan tambahan baik di bagian punggung tangan atau bagian telapak. Hal ini akan memberi keuntungan lain ketika terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya mencegah keretakan tulang tangan akibat benturan keras ke aspal. Selain itu, bagi adanya padding di bagian telapak tangan akan meningkatkan kenyamanan ketika tangan harus menggenggam gas berjam-jam, serta mencegah tangan mendapat getaran berlebihan.

Itulah mengapa, pastikan jika sarung tangan memiliki perlindungan tambahan.

5. Bahan Kuat dan Nyaman

Biasanya bahan sarung tangan motor terbuat dari kulit, gore-tex, hingga neoprene. Memang, tiap bahan yang digunakan memiliki masing-masing kelebihan.

Apabila Anda menggunakan bahan sarung tangan kulit, maka jenis sarung tangan tersebut sangat nyaman digunakan karena memiliki kelenturan yang baik, mampu menahan gesekan, serta sangat awet.

Akan tetapi, bahan kulit memiliki kekurangan yaitu mudah membuat tangan menjadi gerah ketika digunakan berkendara di musim panas.

Beda halnya dengan kain gore-tex yang lebih anti air, serta neoprene yang mampu menjaga tangan tetap hangat. Terpenting, pastikan sarung tangan nyaman ketika Anda gunakan.

6. Ukuran Wajib Pas

Mungkin cara memilih sarung tangan motor sama halnya seperti ketika akan memilih helm. Diperlukan kehati-hatian terutama dari segi ukuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini