Sukses

Pentingnya Melihat Kondisi Finansial Sebelum Putuskan Membeli Mobil

Dalam memilih sebuah mobil, ada banyak hal yang mesti diperhatikan. Salah satunya dari segi finansial. Jangan sampai karena terlalu bernafsu memiliki mobil, kebutuhan lain jadi terganggu ataupun terabaikan

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki mobil bagi sebagian orang sudah menjadi suatu kebutuhan. Dan saat ini, untuk memiliki mobil pun kian mudah dengan adanya sistem pembelian secara kredit.

Dalam memilih sebuah mobil, ada banyak hal yang mesti diperhatikan. Salah satunya dari segi finansial. Jangan sampai karena terlalu bernafsu memiliki mobil, kebutuhan lain jadi terganggu ataupun terabaikan.

Menurut Tommy Halim selaku Consumer Business Collaboration Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk., membeli mobil tidak hanya dilihat dari kebutuhan akan kendaraan, tetapi juga dari kondisi finansial.

"Oleh karena itu, penting juga dipikirkan untuk memilih mitra pembiayaan yang tepat dan terpercaya," ujar Tommy dalam keterangan resminya.

Salah satunya bisa melalui produk KPM Prima yang merupakan hasil kolaborasi antara Danamon dan Adira Finance. Keduanya bermitra untuk menyediakan solusi pembiayaan yang fleksibel sesuai kemampuan dan kondisi finansial calon pembeli.

"Misalnya, jika memiliki uang idle yang cukup besar, maka down payment kendaraan bisa lebih besar supaya cicilan bisa lebih kecil sehingga tidak mengganggu cashflow bulanan. Atau, bisa juga mempertimbangkan agar down payment lebih kecil, tetapi cicilan bulanan tentunya akan lebih besar," jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, masyarakat bisa memanfaatkan berbagai promo pembelian dan cicilan kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang ditawarkan KPM Prima.

Seperti pada acara DXPO by Danamon yang berlangsung 20-23 Juli 2023 di Central Park Mall, Jakata. Dalam acara ini terdapat promo bunga 2,67 persen tetap untuk tenor 2 tahun.

"Tak hanya bunga ringan, KPM Prima juga ada promo cashback hingga Rp 1 juta yang akan diberikan dalam bentuk Adira Poin untuk masyarakat yang mengajukan kredit kendaraan di KPM Prima Expo, dan masih banyak penawaran menarik lainnya," beber Tommy.

Selain berbagai penawaran, ada juga fasilitas approval di tempat (instant approval) bagi pengajuan di booth Adira Finance selama DXPO, dan Test Drive untuk mobil baru.

Selain dari finansial, sisi lain yang mesti dipertimbangkan sebelum membeli mobil adalah memastikan tujuan dari pembelian kendaraan tersebut, apakah untuk mobilisasi pribadi, investasi, atau bahkan untuk tujuan yang lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Macam-Macam Tujuan

Misalnya, kalau tujuannya untuk mobilisasi pribadi, pasti harus cari kendaraan yang cocok untuk dibawa kerja atau hangout.

Maka yang dipikirkan adalah hal-hal yang menunjang mobilitas, seperti hemat bensin atau tidak, kapasitas mesin, dan lain-lain.

Kalau tujuannya untuk investasi, bisa disesuaikan dengan selera misalnya mobil klasik atau antik, yang nilai jualnya tetap bahkan bertambah seiring waktu.

Setelah menentukan tujuan, ada poin penting lainnya dalam menentukan kendaraan yang tepat yakni pemilihan spesifikasi dan karakter kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Sebagai masyarakat urban yang memiliki banyak kegiatan, akan muncul kebutuhan memiliki kendaraan lebih dari satu.

Kalau memutuskan untuk membeli kendaraan kedua, tentunya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, contohnya seperti potential service fee yang harus dikeluarkan yang akan semakin besar ke depannya.

Ditambah lagi sisi perawatan serta pajak dan asuransi dari kedua mobil. Tentu saja ini akan berpengaruh pada kesesuaian budget.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini