Sukses

Toyota Fortuner Hybrid Dikabarkan Siap Unjuk Gigi di Awal 2024

Media di India sedang ramai kemunculan bocoran Toyota Fortuner generasi tiga. Disebut-sebut akan debut global awal 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Media di India sedang ramai kemunculan bocoran Toyota Fortuner generasi tiga. Disebut-sebut akan debut global awal 2024 mendatang.

Kepopuleran Fortuner di Negeri Bharata sangatlah tinggi. Sama halnya di Indonesia yang begitu menggemari SUV ladder frame ini dijadikan kendaraan harian.

Untuk sementara, silakan menelaah gambar diduga model terbaru kelak. Sayang, masih terlalu buram dan belum jelas.

Kata Gaadiwaadi, gambar ini adalah rendering digital dari model purwarupa. Jadi, jangan langsung dipercaya desain baru Fortuner bakal seperti ini kelak. Kalaupun mau meyakini, tetap masuk akal.

Karakter gagahnya masih terlihat sekaligus membawa bahasa desain terkini model-model Toyota. Dibilang terinpirasi dari generasi baru Tacoma yang baru saja menjalani debutnya.

Jika mengikut penampilan tangguh Tacoma tentu akan menarik. Dari gambar bocoran terlihat grille heksagonal besar diapit headlamp LED pipih.

Di bawah lampu terdapat rongga menyatu hingga air dam melebar. Profil samping tetap tinggi besar. Ruang roda berisikan pelek alloy desain baru dan ada gundukan di bahu pilar C.

Kabar berembus lain juga menyebut Toyota Fortuner baru akan memakai platform TNGA-F. Jika benar, berarti akan berbagi konstruksi bersama Tundra, Tacoma, Land Cruiser, Lexus GX serta Lexus LX.

Agak janggal memang, karena semua model itu masuk ke full-size SUV semua. Sedangkan Fortuner berada di kelas lebih rendah.

Tapi ini adalah sasis ladder terbaru pengembangan Toyota. Mustahil rasanya kalau Fortuner beralih ke monokok. Apalagi jadi penggerak roda depan (FWD).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur

Satu hal paling ditunggu lainnya berasal dari mesin. Disebut masih mempertahankan enjin diesel GD series 2.8L, plus dibenamkan teknologi hybrid. Bukan strong-hybrid seperti Innova Zenix, melainkan sistem mild-hybrid.

Berguna untuk menaikkan level efisiensinya, dari peran motor elektrik sebagai alternator dan aki 48V. Kemungkinan untuk fungsi auto start/stop engine seperti smart hybrid milik Suzuki.

Sekali lagi, belum ada informasi yang bisa dikonfirmasi. Semua masih sebatas rumor atau kabar burung saja. Tapi tak ada salahnya berharap ada rombakan signifikan dari Fortuner.

Setidaknya mulai dari kabin lebih lapang, rasa berkendara semakin nyaman, fiturnya juga tambah lengkap, termasuk juga diberikan peranti ADAS.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini