Sukses

R 18 Kustom Radikal Jadi Kado Spesial Perayaan 100 Tahun BMW Motorrad

Ada yang istimewa dalam perayaan BMW Motorrad Days yang berlangsung di Berlin, Jerman pada 7-9 Juli 2023. Di perayaan hari jadi ke 100 tahun BMW Motorrad itu terdapat motor kustom radikal bernama The Crown yang berbasis BMW R 18.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang istimewa dalam perayaan BMW Motorrad Days yang berlangsung di Berlin, Jerman pada 7-9 Juli 2023. Di perayaan hari jadi ke 100 tahun BMW Motorrad itu terdapat motor kustom radikal bernama The Crown yang berbasis BMW R 18. 

The Crown dibuat oleh Dirk Oehlerking dari Kingston Custom, sebuah perusahaan kustomisasi sepeda motor Jerman. Ini bukan karya pertama dari Dirk.

Ia sebelumnya pernah menggarap R 18 custom bernama Spirit of Passion. Karyanya itu ditampilkan ke publik awal tahun 2021. Menampilkan estetika art deco, desain ramping, dan visual yang begitu luar biasa.

Motor kustom garapan Dirk kali ini tetap menampilkan desain ramping dengan sentuhan akhir warna Champagne Platinum dengan mother-of-pearl. Dilengkapi pula dengan emblem merek BMW yang dihiasi mahkota kecil.

Berbeda dengan proses dengan Spirit of Passion, pria asal Jerman mengubah secara signifikan struktur dasar R 18. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan visinya dalam pembangunan The Crown.

Semua bodi didesain ulang dengan menggunakan lembaran logam aluminium setebal 2 mm, termasuk tangki bahan bakar 8 liter. Ia juga merancang kembali bagian suspensi depan dengan lengan ayun dua sisi dan penyangga suspensi tengah. 

Kopling dan rem tangan dari Magura. Sepatbor belakang dan breket pakai Wunderkind. Ditambah jok dilapisi kulit asli dan dibuat mengikuti alur bodi.

Ini merupakan fitur unik yang dibuat Dirk. Namun jangan berharap banyak bisa mengendarainya dalam waktu lama. Lalu tak ada pijakan kaki buat pembonceng.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komponen Asli

Komponen asli yang masih bertahan dari R 18 selain mesin ada suspensi belakang, lampu depan, panel instrumen, unit sakelar, dan sistem pijakan kaki.

Agar mesin 1.800 cc bisa bernafas, ada dua manifold knalpot stainless steel yang dibuat dengan tangan.

"The Crown adalah inti dari kreasi saya hingga saat ini. Saya mulai dengan BMW R 18 baru yang kemudian saya lepas semuanya. Seperti biasa, saya bekerja dengan busa keras dan karton untuk membuat bentuk, garis, dan desain. Tujuannya adalah agar terlihat kuat, elegan, dan cepat dipadukan dengan tampilan yang inovatif,” kata Dirk Oehlerking, pendiri Kingston Custom, dilansir dari MCN.

Diketahui, BMW R 18 adalah sepeda motor penjelajah yang diproduksi oleh BMW Motorrad dan secara resmi diperkenalkan pada April 2020 dan diluncurkan September 2020 di Jerman.

Namun karena pandemi COVID-19, pengenalan resmi di diler BMW tidak dapat dilakukan dan dihadirkan secara virtual di internet. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.