Sukses

Mengenal Nikuba, Hasil Karya Aryanto Misel yang Diremehkan BRIN

Beragam teknologi terkait industri otomotif banyak diciptakan di Indonesia, salah satunya adalah Nikuba atau Niku Banyu karya Aryanto Misel

Liputan6.com, Jakarta - Beragam teknologi terkait industri otomotif banyak diciptakan di Indonesia, salah satunya adalah Nikuba atau Niku Banyu karya Aryanto Misel. Alat ini, merupakan sebuah inovasi yang dapat mengubah air menjadi bahan bakar hidrogen untuk sepeda motor.

Penemuan dari orang yang disebut profesor tanpa gelar ini ramai diperbincangkan beberapa waktu belakangan ini. Bahkan, dikatakan temuan dari pria asal Cirebon, Jawa Barat ini, dilirik oleh perusahaan asal Italia untuk bisa diuji coba.

Lalu, apa sih Nikuba itu? Dilansir dari berbagai sumber, Nikuba sendiri memiliki cara kerja dengan memisahkan hidrogen (H2) dengan oksigen (02) di air (H2O) dalam proses elekrolisis. Dengan begitu, hidrogen ini akan menjadi tenaga utama penggerak kendaraan, baik motor ataupun mobil.

Sementara itu, H2 sendiri masuk ke ruang pembakaran kendaraan sebagai pengganti BBM.

Selain itu, menutip dari akun Instagram @infokomando.official, Senin (3/7/2023), Nikuba merupakan akronim dari ‘Niku Banyu’ atau ‘Ini Air’ yang dapat mengkonversi air melalui sistem pemisahan hidrogen dan oksigen pada kandungan air yang telah dielektrolisa menjadi hidrogen yang digunakan sebagai bahan bakar.

Berdasarkan hasil uji cobanya, dengan bahan bakar 1 liter air, nikuba bisa menempuh jarak 450 kilometer. Nikuba pada berbagai event dan kesempatan terus ditampilkan melalui berbagai ragam pameran atas inisiasi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto untuk mendapatkan input dalam rangka penyempurnaan sebagai sebuah karya teknologi yang dimungkinkan dapat dikembangkan untuk energi masa depan.

Temuan Aryanto Misel juga telah aktif diterapkan pada motor dinas para personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI dari Komando Resor Militer 063/Sunan Jati, Cirebon dan Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Bandung.

Pria ini juga diketahui memiliki laboratorium pribadi untuk mengembangkan berbagai temuan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diundang ke Italia

Alat Nikuba temuan Aryanto sendiri telah mendapat kesempatan untuk lebih dikenal di dunia internasional. Sejumlah pabrikan otomotif asal Italia, belum lama ini mengundang Aryanto untuk datang dan mempresentasikan inovasi hasil temuannya itu.

Aryanto Misel dan tim berangkat ke Milan pada 16 Juni 2023 dan mempresentasikan inovasi temuannya soal Nikuba pada 18 Juni lalu. Pada saat di sana, Aryanto mengaku kaget ketika ia malah bertemu dengan seorang pria yang mengaku dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Waktu saya di Milan seminggu itu saya kaget kok ada orang BRIN datang ke situ. Jadi saya sempet kaget kok ada orang BRIN sampai sini sedangkan dulu membantai saya habis-habisan kan. Kok tau-tau ada di Milan," kata Aryanto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini