Sukses

Belajar ke Cina, Bus Listrik di Indonesia Bakal Adopsi Teknologi Canggih

PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) telah mengunjungi Hisense Network Technology Co., Ltd dan Zhengqing Bus Group di Qingdao, China

Liputan6.com, Jakarta - PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) telah mengunjungi Hisense Network Technology Co., Ltd dan Zhengqing Bus Group di Qingdao, China. Tak hanya itu, tim PT TKDN juga akan mengunjungi Yangcheng untuk membandingkan dan mempelajari alat-alat IoT yang terpasang di bus station serta bus listrik panjang 4 kabin buatan SRRC.

Selain itu, tim TKDN juga mengamati teknologi LED ultra high definitions, interactive screen serta perangkat-perangkat telematika IoT milik Hisense, dan mendapat pemahaman mendalam mengenai teknologi Hisense City "Cloud Brain" yang dapat menyediakan pengelolaan kota dengan platform terbuka yang mencakup seluruh kota.

Pada platform ini, pemerintah kota dapat dengan bebas mengakses aplikasi manajemen perkotaan yang mencakup seluruh bagian dalam bidang tata kelola kota, manajemen lalu lintas, tata kelola lalu lintas, dan manajemen keselamatan publik.

"Spesialisasi Hisense dalam solusi integratif industri Intelligent Transportation dan Smart City, teknologi inti, layanan dan R&D produk sudah terbukti di beberapa kota di China. Kami melihat dari used case ini seharusnya mampu kita uji dan localize untuk diterapkan di Indonesia,” ujar David Santoso, Presiden Direktur PT TKDN, dalam keterangan resmi, Sabtu (8/7/2023).

Selain itu, Zhenqing Bus juga menunjukkan teknologi untuk mengatur dan mengawasi operasional smart bus di Command Center, yang kemudian dilanjutkan mengunjungi kantor cabang ke lima Zhenqing Bus.

Di sini, Tim TKDN melakukan pengamatan mendalam mengenai penerapan teknologi informasi dalam hal konfigurasi peralatan elektronik kendaraan, perintah dan pengiriman secara real-time, perencanaan, penjadwalan, dispatch management dan optimalisasi rute.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja sama kedua perusahaan

Terdapat juga teknologi untuk mendukung pemeliharaan kendaraan serta pergudangan material, sekaligus mendapatkan informasi tentang struktur organisasi dan model manajemen grup aplikasi inovatif seperti interaksi proses, berbagi data multi-departemen, dan kantor terintegrasi multi-terminal dari pihak Zhenqing Bus.

Sementara itu, kunjungan ini sekaligus untuk membuka kerja sama dengan kedua perusahaan. Mengingat solusi dan produk intelligent transport system dari Hisense serta mode manajemen dan sistem smart bus dari Zhenqing Bus merupakan salah satu yang terkemuka di industri transportasi, hal ini tentu dapat meningkatkan layanan solusi milik PT TKDN.

Seperti yang diketahui, PT TKDN memiliki solusi perangkat TAMFleet, yaitu perangkat IoT dengan teknologi AI untuk memantau perilaku dan identifikasi pengemudi, penginderaan jalan dengan tingkat akurasi hingga 95 persen, dan proses pemantauan secara real-time untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas serta sistem platform IT untuk Solusi Manajemen Transportasi, dengan fokus pada Keselamatan dan Pemantauan Armada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.