Sukses

Uji Tabrak ASEAN NCAP Daihatsu Xenia Diganjar Bintang Tiga

Generasi terbaru all new Daihatsu Xenia rakitan Indonesia telah dilakukan uji tabrak ASEAN NCAP

Liputan6.com, Jakarta - Generasi terbaru all new Daihatsu Xenia rakitan Indonesia telah dilakukan uji tabrak ASEAN NCAP. Model yang dites, adalah varian 1.300cc M M/T produksi 2023, dan mendapatkan rating keselamatan bintang tiga.

Disitat dari laman resmi ASEAN NCAP, Daihatsu Xenia mendapatkan skor keseluruhan 64,50 dengan menjalani empat kategori pengujian.

Secara detail, untuk kategori Perlindungan Penumpang Dewasa (AOP) all new Daihatsu Xenia mendapatkan poin 32.63 dari 40.00. Kemudian, untuk Perlindungan Penumpang Anak (COP) mendapatkan poin 14.37 dari 20.00.

Lalu selanjutnya, pengujian Bantuan Keselamatan (SA) mendapatkan poin 10.00 dari 20.00 dan Keselamatan Pengendara Sepeda Motor (MS) mendapatkan poin 7.50 dari 20.00.

Sementara itu, berdasarkan laporan pengujian ASEAN NCAP, Daihatsu Xenia merupakan model pertama di bawah merek Jepang tersebut, yang diuji berdasarkan penilaian protokol saat ini, yaitu 2021-2025.

Generasi terbaru Daihatsu Xenia ini, sudah dibekali dengan fitur keselamatan standar airbag, seatbelt retractor & load limiter dan seatbelt reminder system (SBR) untuk sopir dan penumpang depan. Selain itu ada pula antilock braking system (ABS).

Selain itu, Daihatsu Xenia telah dilengkapi Electronic Stability Control (ESC), Autonomous Emergency Braking (AEB) City, AEB Inter-Urban, Blind Spot Detection(BSD), Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning (FCW) and Lane Keep Assist (LKA) sebagai perlengkapan pilihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai Mesin Baru, All New Daihatsu Ayla Sebaiknya Pakai Oli 0W-16

 All New Daihatsu Ayla yang diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada saat 10 Maret 2023 di Gaikindo Jakarta Autow Week sudah menggunakan mesin dan transmisi baru dibanding generasi sebelumnya.

Penggunaan mesin baru 3-silinder dengan kapasitas mesin 1,2 liter pada Daihatsu Ayla terbaru menghasilkan tenaga 88 ps pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 113 N.m pada 4.500 rpm. 

Anjar Rosjadi selaku Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor mengklaim mesin barunya ini lebih bertenaga dan memiliki torsi lebih tinggi dibanding mesin 4-silinder 1,2 liter yang diadopsi oleh Ayla sebelumnya.

Selain itu, mesin 3-silinder terbaru dengan kode WA-VE, DOHC, Dual VVT-i diklaim memiliki bobot yang lebih ringan, sehingga secara keseluruhan performa power to weight ratio lebih baik.

Menurut Anjar, mesin baru ini membutuhkan oli dengan spesifikasi 0W-16. " Mesin ini kan teknologi baru, tingkat kepresisian komponen-komponennya tinggi. Butuh oli yang bisa masuk ke sela-sela komponen," ungkap Anjar saat ditemui di Yogyakarta, Kamis 11 Mei 2023. 

Menyoal penggunaan oli dengan viskovitas yang berbeda pada mesin terbaru Ayla 1,2 liter, Anjar menegaskan oli yang direkomendasikan adalah 0W-16.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.