Sukses

Toyota Kembangkan Mobil Sport Listrik dengan Transmisi Manual

Saat ini, Toyota Gazoo Racing (GR) dikabarkan sedang mengembangkan mobil sport full elektrik pertamanya. Mobil sport listrik ini diklaim memiliki kinerja yang sebelas-duabelas dengan mobil sport berbahan bakar minyak.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Gazoo Racing (GR) dikabarkan sedang mengembangkan mobil sport full elektrik pertamanya. Mobil sport listrik ini diklaim memiliki kinerja yang sebelas-duabelas dengan mobil sport berbahan bakar minyak (BBM). 

Hal ini diungkapkan langsung oleh petinggi sekaligus mantan CEO Toyota, Akio Toyoda. Bahkan, menurutnya pengemudi akan sulit membedakan mesin mobil listrik ini dengan mobil berbasis internal combustion engine (ICE).

"Jika anda memasukkan seseorang ke dalam mobil dan meminta mereka untuk mengemudikannya, kemungkinan besar mereka tidak akan bisa menebak powertrain-nya," ucap Toyoda dikutip dari autoblog.

Terkait hal itu, Toyoda juga mengatakan pengalaman berkendara faktor yang paling diutamakan dalam pengembangan mobil sport listrik ini. Terlepas dari powertrainnya, yang terpenting kendaraan tersebut menyenangkan untuk dikendarai.

"Saya tidak tahu apakah mobil itu akan masuk ke pasar, tetapi prioritas pertama untuk membuat mobil semacam ini adalah mereka harus menyenangkan untuk dikendarai, apa pun powertrain yang mereka gunakan," tuturnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, mobil sport ini akan diperkuat dengan suara mesin buatan yang disalurkan ke kabin, serta transmisi manual EV yang sudah ditunggu-tunggu.

Pergeseran tuas transmisi juga akan dibuat serealistis mungkin hingga benar-benar terasa seperti mobil sport bermesin konvensional.

"Perbedaan terbesar dari BEV lain yang sedang kami kembangkan adalah ketika Anda berada di dalam GR BEV, Anda benar-benar dapat mendengar suara mesin, ada juga transmisi manual dan juga kopling," lanjutnya.

Jika berhasil dikembangkan, teknologi ini akan sangat menarik untuk dikulik. Pasalnya, teknologi transmisi manual dan mobil listrik memang sesuatu yang belum bisa disatukan hingga saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penampilan Futuristik

Di sisi lain, Toyota akan tetap mempertahankan desain khas EV modern untuk bagian eksterior. Meskipun dari segi performa mobil sport listrik ini dirancang sedemikian rupa agar terasa seperti mobil berbahan bakar bensin.

Namun, kelihatanya Toyota tetap tidak ingin menghapus karakteristik Electric Vehicle (EV) dari mobil sport mereka ini. Maka dari itu, Toyota tetap mengusung desain futuristik.

Sayangnya, hingga saat ini Toyota masih belum membocorkan penampakan dari mobil sport misterius ini.

Akan tetapi, berdasarkan informasi di atas, kemungkinan besar tampilan mobil sport listrik akan terlihat seperti tipikal mobil listrik pada umumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini