Sukses

Viral Bocah SD Surabaya Study Tour ke Jepang, Segini Ongkosnya Jika Pergi Sendiri

Baru-baru ini SD Muhammadiyah 4 Surabaya sedang viral di media sosial karena memamerkan siswa SD mereka melakukan study tour ke luar Jepang. Banyak warganet yang penasaran biaya yang dikeluarkan untuk pergi jalan-jalan anak-anak ini ke Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Study tour atau karyawisata merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa-siswi sekolah. Entah itu, SD, SMP, atau SMA, Study Tour selalu menjadi salah satu pengalaman yang tidak terlupakan di sekolah

Umumnya, sekolah akan memilih destinasi karyawisata ke luar kota. Apalagi untuk anak Sekolah Dasar (SD) biasanya mereka akan pergi mengunjungi tempat-tempat yang tidak terlalu jauh. 

Selain karena usia mereka yang masih kecil, anak-anak SD cenderung masih membutuhkan pengawasan ekstra dari guru maupun orang tua. Namun, sekolah keren yang satu ini kelihatannya sedikit berbeda. 

Baru-baru ini sekolah tersebut sedang viral di media sosial karena memamerkan siswa SD mereka melakukan study tour ke luar negeri. Video study tour siswa-siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya itu diunggah oleh akun TikTok @hendra_adityaa.

Awal video menunjukkan rombongan anak kecil yang berjalan bersamaan. Beberapa dari mereka terlihat berjalan sambil menenteng bawaannya masing-masing.

Rombongan anak-anak ini ternyata merupakan siswa SD asal Surabaya yang sedang melakukan studi banding. Tak tanggung-tanggung, kegiatan sekolah ini dilakukan di negeri Sakura, Jepang.

Sekolah tersebut memilih Osaka sebagai destinasi study tour mereka. Video ini pun sukses membuat iri warganet. 

"Bocil: Aku loh piknik ke Jepang, kamu ke mana?" tulis pengunggah video yang sudah diterjemahkan dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia.

Di sisi lain, banyak warganet yang penasaran biaya yang dikeluarkan untuk pergi jalan-jalan anak-anak ini ke Jepang. Salah satu biiaya  yang sudah pasti harus dikeluarkan adalah transportasi.

Tiket pesawat tujuan Jakarta-Osaka sendiri rata-rata berkisaran Rp 4-16 jutaan tergantung maskapai penerbangan. Setelah sampai di sana, tentunya transportasi darat diperlukan untuk menuju ke destinasi wisata di sana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Estimasi Biaya Perjalanan di Jepang

Jika diasumsikan, umumnya wisatawan dapat mengunjungi 3-5 tempat sekaligus dalam satu hari. Jika memilih menggunakan subway biaya yang harus dikeluarkan adalah 200 Yen per trip atau sekitar Rp 21 ribuan. 

Sementara itu, transportasi antar kota biasa menggunakan kereta cepat yang bernama shinkansen. Tiket shinkansen untuk rute Tokyo-Osaka sekitar 13.000 yen satu arah atau setara dengan Rp 1.3 jutaan. 

Sedangkan kereta biasa jarak dekat seperti Tokyo-Hakone sekitar JPY 2000. Memang ini komponen yang paling mahal di dalam transport. Biaya tersebut dapat dibilang cukup mahal.

Maka dari itu, pertimbangkan membeli Japan Rail Pass (JR Pass) jika akan melakukan trip Tokyo-Osaka pulang pergi dalam 7 hari, berikut daftar harga terbaru JR Pass:

- Pass 7 hari: 29.640 yen jadi 50 ribu yen (sekitar Rp5,6 juta)

- Pass 14 hari: 47.250 yen jadi 80 ribu yen (sekitar Rp8,9 juta)

- Pass 21 hari: 60.450 yen → 100 ribu yen (sekitar Rp11,1 juta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini