Sukses

Aksi Heroik Pria Menyetop Bus ANS Mengalami Rem Blong di Sitinjau Lauik Menuai Pujian Warganet

Kejadian ini terjadi di tanjakan ekstrem daerah Sitinjau Lauik, Jambi. Tanjakan yang menikung tersebut sebelumnya memang sudah terkenal media sosial. Mungkin sudah ada ratusan mobil dan motor yang terjatuh saat berusaha melintasi jalur tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Rem blong merupakan salah satu penyebab kecelakaan yang paling umum. Tidak dapat dianggap sepele, dampak dari kerusakan ini dapat berakibat sangat fatal.

Ketika rem blong, mobil/motor tidak dapat melakukan pengereman sehingga mobil/motor tersebut tidak bisa berhenti. Tentunya hal ini akan mengancam keselamatan diri sendiri dan juga pengendara lain.

Tidak dapat dibayangkan jika rem blong terjadi pada kendaraan bongsor seperti, bus atau truk. Mengejutkannya, ternyata kejadian tersebut sudah beberapa kali terjadi di Tanah Air.

Baru-baru ini terdapat kejadian serupa yang sedang ramai di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @mood.jakarta, Selasa (02/05/2023).

Kejadian ini terjadi di tanjakan ekstrem daerah Sitinjau Lauik, Jambi. Tanjakan yang menikung tersebut sebelumnya memang sudah terkenal media sosial. Mungkin sudah ada ratusan mobil dan motor yang terjatuh saat berusaha melintasi jalur tersebut.  

Kronologinya bermula ketika bus berukuran besar sedang melintasi tanjakan curam sambil menyalakan lampu hazard. Saat itu, posisi bus sedang berada di jalur turunan.

Anehnya, meski kondisi jalan sedang lancar, sopir bus PO ANS tersebut malah memperlambat kecepatan. Jika diperhatikan, ternyata sang sopir sedang berusaha menghentikan dengan cara menurunkan gigi. 

Tidak lama setelah itu, warga sekitar pun sadar kalau rem bus berwarna biru ini sedang blong. Melihat kejadian berbahaya tersebut seorang pria pun langsung berusaha untuk menghentikan bus bongsor ini.

Pria berkaos hitam tersebut mengakalinya dengan melempar semacam balok besar ke bagian belakang bus sehingga ban terganjal. Untungnya usaha pria ini tidak sia-sia dan bus yang blong itu pun berhasil dihentikan.

Melihat aksi heroiknya, warga lain pun langsung mendatangi lokasi untuk ikut membantu. Salah satu pria bertopi putih terlihat mengambil balok yang sama dan meletakkannya pada ban yang lain.

Kejadian tersebut memang menegangkan. Sangat tidak terbayang apa yang akan terjadi jika bus dengan dimensi sebesar itu blong di turunan yang curam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Warganet Soal Aksi Heroik Menyetop Bus

Akibat dari jasa pria berbaju hitam serta warga sekitar, bus ini dapat terselamatkan. Aksi mereka pun menuai berbagai pujian dari warganet, berikut rangkumannya:

  • “Nah ini para Pak Ogah yang berjasa, bukan cuma mintain duit, tiap belokan,’’ ucap ***etpealicious.
  • “Tespeck sama abangnya,’’ canda ***y_lapalani.
  • ‘’The real pahlawan kesiangan,’’ ujar ***asabil_.
  • ‘’Alhamdulillah, untung abangnya langsung gercep, kalo ga gatau dah ahirnya gimana,’’ ungkap ***iiajaaa_.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.