Sukses

Sambut Musim Mudik Lebaran 2023, Tol Cisumdawu Bakal Dioperasikan dengan Status Fungsional

Meningkatnya jumlah pemudik yang bakal pulang ke kampung halaman pada momen lebaran 2023, membuat sejumlah kementerian terus melakukan antisipasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satu hal yang dipersiapkan adalah Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) di mana jalan tol tersebut akan secara resmi dibuka untuk melayani para pemudik namun tidak beroperasi penuh.

Liputan6.com, Jakarta - Meningkatnya jumlah pemudik yang bakal pulang ke kampung halaman pada momen Lebaran 2023, membuat sejumlah kementerian terus melakukan antisipasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Salah satu hal yang dipersiapkan adalah Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) di mana jalan tol tersebut akan secara resmi dibuka untuk melayani para pemudik namun tidak beroperasi penuh.

Disebutkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hal tersebut dikarenakan mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pemudik, maka pengoperasiannya akan dijadwalkan secara bertahap.

"Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15:00 WIB," jelas Budi.

Pemudik yang akan melakukan perjalanan melalui tol ini, sudah bisa melintasinya mulai 15 April 2023. Lewat pembukaan jalan tol baru ini diharapkan dapat membantu memperlancar arus mudik khususnya di Jawa Barat dan wilayah sekitarnya.

Sementara itu, untuk mekanisme seperti pemberlakuan contra flow, one way atau buka tutup, nantinya pihak Kementerian PUPR akan berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk melihat seperti apa kondisinya.

"Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” tambah Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Memungkinkan Dioperasikan Secara Penuh

Sementara itu, Kakorlantas Polri Firman Santyabudi mengungkapkan, jalur tol Cisumdawu yang baru saja selesai dibangun untuk seksi 4, 5, dan 6 pada 15 April 2023 mendatang ini kondisinya masih tidak memungkinkan jika dioperasionalkan secara penuh pada masa mudik Lebaran tahun ini.

“Informasi dari lapangan bahwa daerah masih berkabut. Itu juga riskan, para pengemudi. Dan kita tidak berharap mereka nanti terjebak pada saat malam hari, sementara kita masih disibukkan dengan lonjakan di jalur tol Cipali yang memang cukup deras menurut prediksi kita,” tandas Firman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini