Sukses

5 Rekomendasi Sepeda Motor Listrik Termurah di IIMS 2023, Ada yang Mirip Vespa Harganya Rp 14 Jutaan

Pameran otomotif IIMS 2023 menghadirkan banyak booth sepeda motor listrik yang bersaing menawarkan produk-produk terbaiknya.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 menghadirkan banyak booth sepeda motor listrik yang bersaing menawarkan produk-produk terbaiknya. Harga dan jenis yang ditawarkan pun beragam mulai dari yang murah hingga mahal.

Naiknya harga BBM, membuat motor listrik dengan harga murah menjadi pilihan cocok untuk kebutuhan sehari-hari berjarak dekat. Saat ini, sudah cukup banyak pabrikan (EV) yang memproduksi motor yang ramah di kantong.

Pasar motor listrik murah pun telah semakin berkembang di Indonesia dengan model dan spesifikasinya yang bermacam-macam.

Berikut ini 5 rekomendasi motor listrik termurah yang ada di IIMS 2023, JIExpo, Kemayoran, Jakarta:

1. Selis Neo Scootic

Motor listrik Selis Neo Scootic di IIMS 2023. (Liputan6.com/Jordy Rivaldo)

Selis Neo Scootic merupakan salah satu produk lokal karya anak bangsa. Sepeda motor listrik ini berjenis skuter yang jika dilihat sekilas bentuknya mirip dengan Honda Scoopy.

Kendaraan ramah Lingkungan ini menggunakan baterai SLA 60V 20Ah. Dengan durasi pengecasan sekitar 7 jam, motor ini dapat menempuh jarak 40 km.

Selain itu motor ini menggunakan mesin motor Rear Hub dengan power 1.500 W. Dengan mesin tersebut, motor ini dapat mencapai kecepatan maksimal 40 km/jam.

Skuter elektrik ini dijual dengan harga Rp13,5 Juta. Namun khusus pengunjung IIMS 2023, Selis memberi diskon menjadi Rp9,9 Juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. United MX 1200

United sebelumnya lebih dikenal sebagai produsen sepeda lokal. Namun, saat ini United telah mengembangkan bisnis mereka dengan memproduksi sepeda motor listrik.

Untuk seri yang paling murah, United menawarkan MX 1200. Berbeda dengan Selis Neo Scootic, United MX 1200 berbentuk seperti motor-motor matic biasa seperti Honda Beat atau Yamaha Mio.

Tipe baterai yang digunakan untuk motor listrik ini adalah Graphene 72V 21,8Ah. Dengan waktu pengisian daya sekitar 4-5 jam motor ini sudah dapat mencapai jarak 130 km.

Selain itu, motor ini memiliki tiga riding mode, yaitu 1, 2, dan 3. Untuk riding mode 1 motor elektrik ini dapat mencapai kecepatan maksimal 45 km/jam, riding mode 2 dapat mencapai 55 km/jam, terakhir riding mode 3 berada di 65 km/jam.

Harga yang ditawarkan United untuk unit ini berada di angka Rp14 Jutaan.

 

3 dari 6 halaman

Rakata S9

Sama seperti Selis, Rakata juga merupakan salah satu merek sepeda motor listrik produksi lokal. Rakata sendiri telah memproduksi empat produk.

Di antara produk-produk tersebut, Rakata S9 merupakan jenis motor paling murah. Rakata S9 sendiri memiliki bentuk yang cukup unik.

Dari segi model, motor ini terlihat seperti skuter listrik modern. Lampu depan yang didesain tipis memberi nuansa futuristik pada motor ini.

Skuter elektrik ini menggunakan Gel Battery 60V 20Ah. Selain itu, Rakata S9 menggunakan mesin motor dinamo yang bertenaga 800 W.

Kecepatan maksimal yang dapat ditempuh mencapai 50-60 km. Kecepatan maksimalnya sendiri berada di 49 km/jam.

Harga yang ditawarkan untuk Rakata S9 ini Rp17 jutaan untuk seluruh daerah Jabodetabek.

 

4 dari 6 halaman

Davigo Forza

Kali ini giliran produk motor listrik asal Tiongkok, Davigo. Jenama ini pertama kali dikenalkan ke Tanah Air pada Juli 2022. Kini Davigo hadir di IIMS 2023 untuk memasarkan produk-produknya.

Davigo Forza merupakan produk paling murah yang ditawarkan. Dibanderol seharga Rp14,9 Juta off the road, motor ini menawarkan model yang mirip seperti Vespa matic.

Baterai yang digunakan untuk motor ini adalah Graphene battery 60V 23 Ah dengan jarak tempuh mencapai 70 km. Waktu yang dibutuhkan untuk mengecas sekitar 5 jam.

Kecepatan maksimal yang dapat dicapai sekitar 50 km/jam dengan liquid cooled motor bertenaga 800W.

 

5 dari 6 halaman

Polytron Fox R

Nama Polytron sudah tidak asing di telinga masyarakat Tanah Air. Jika mendengar Polytron, akan terbayang perangkat elektronik rumahan seperti TV atau AC.

Namun, beberapa tahun ini Polytron juga sedang fokus membuat sepeda motor listrik. Salah satu produk paling terjangkaunya adalah Polytron Fox R.

Berbeda dengan motor-motor sebelumnya, Polytron Fox R memiliki model yang lebih sporty. Jika dilihat sekilas motor ini mirip-mirip dengan Honda ADV.

Kapasitas baterai dari motor ini mencapai 3,75 kWh. Dengan kapasitas baterai tersebut, motor ini dapat menempuh jarak 130 km.

Selain itu, power yang mampu dikeluarkan motor ini sebesar 6000 W. Dengan kemampuan motor power ini, Polytron Fox R dapat mencapai kecepatan maksimal 90km/jam.

Untuk harganya, motor ini dibanderol Rp20,5 juta off the road dan Rp21 juta on the road.

6 dari 6 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.