Sukses

Tiga Produk Lokal Dominasi Penjualan Suzuki Indonesia

Pencapaian positif diraih oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sepanjang 2022

Liputan6.com, Jakarta - Pencapaian positif diraih oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sepanjang 2022. Bahkan pabrikan asal Jepang ini mampu mencatatkan penjualan sebanyak 89.067 unit di sepanjang 2022.

Secara detail, produk buatan lokal, seperti new Carry, all new Ertiga, dan XL7 menjadi kontributor utama yang menyelematkan penjualan Suzuki di Tanah Air sepanjang Januari hingga Desember 2022.

Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS mengatakan, jika dibandingkan tahun sebelumnya, penjualan ritel (dealer ke konsumen) Suzuki mengalami peningkatan untuk ketiga model tersebut.

"Bahkan, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya selama 2022, pada Desember new Carry berikan catatan penjualan tertinggi sepanjang tahun lalu. new Carry berhasil berkontribusi sebanyak 60 persen, kemudian disusul oleh XL7 yang berkontribusi sebesar 18 persen dan ketiga adalah all new Ertiga yang berkontribusi sebesar 12 persen," jelas Randy.

Akhir 2022 menjadi momentum penting bagi new Suzuki Carry terutama varian pikap karena dapat menjaga performa penjualan bahkan berhasil catatkan peningkatan penjualan secara positif. Bila dibandingkan dengan November, catatan penjualan di Desember 2022 mengalami peningkatan sebesar 17 persen.

Kemudian, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan periode yang sama yaitu Januari hingga Desember, New Carry varian pikap mengalami peningkatan 2 persen dengan total penjualan sebanyak 52.322 unit.

Catatan positif lainnya adalah new Carry varian pikap berhasil menguasai 52 persen market share di kategori kendaraan niaga ringan jenis mini pikap seluruh Indonesia yang total penjualannya mencapai 99.992 unit.

Secara keseluruhan segmen pikap, market share penjualan ritel new Carry juga berkontribusi sebagai yang terbesar yaitu 33 persen dari total penjualan ritel kendaraan niaga jenis pikap sebesar 156.271 unit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

XL7 dan Ertiga

Sementara itu, XL7 juga mencatatkan performa penjualan yang positif untuk kendaraan penumpang. Model ini mencatatkan penjualan sebanyak 15.998 unit atau mengalami peningkatan sebesar 9 persen sepanjang 2022 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan di Desember, XL7 meningkat sebesar 25 persen dibandingkan dengan bulan November.

Sedangkan penjualan all new Ertiga pada Desember 2022 mengalami peningkatan sebesar 18 persen dibanding November. Dari keseluruhan varian yang ada di all new Ertiga, varian hybrid memberikan kontribusi sebesar 59 persen selama Desember 2022. Penjualan ritel varian ini pada Desember mengalami peningkatan sebesar 7 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

All new Ertiga Hybrid diluncurkan pada pertengahan tahun lalu telah mendapatkan respons positif dari konsumen. Penjualannya diklaim mampu mencapai hampir 2 kali lipat dari varian non-hybrid, atau memegang porsi sekitar 66 persen secara keseluruhan varian.

Selain ketiga kontributor tersebut, laporan penjualan mobil CBU (Completely Built Up) Suzuki juga berikan angin segar selama 2022. Bila dibandingkan dengan periode sebelumnya, Suzuki berhasil menjual 5.785 unit CBU secara ritel di 2022 dan mengalami peningkatan sebanyak 4 persen .

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.